Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Raya Idul Adha pada akhir bulan Juni ini menjadi momentum untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga tercinta, di samping cuti bersama pada 28-30 Juni 2023, momen ini juga bertepatan dengan masa liburan sekolah.

Guna memaksimalkan liburan di tanggal merah tersebut, agen perjalanan daring (OTA) tiket.com membagikan tiga rekomendasi aktivitas seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga. Momen akan semakin maksimal jika mengikuti program "diskon tanggal muda" dari tiket.com.

Berikut rekomendasinya sebagaimana dibagikan oleh tiket.com melalui keterangan resminya di Jakarta pada Selasa.

Baca juga: Rekomendasi liburan keluarga dengan tema seru

Manjakan lidah dengan wisata kuliner di Kota Padang

Anda tidak boleh melewatkan pengalaman wisata kuliner apabila berkunjung ke Kota Padang, Sumatera Barat. Anda bisa mencicipi masakan Padang yang legendaris di sejumlah restoran seperti Nasi Kapau Uni Lis di Bukittinggi, Ikan Bakar Djoni, Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai, Pauh Piaman, dan Es Durian Ganti Nan Lamo.

Tak hanya kuliner, Anda juga dapat mengajak anak-anak bertamasya di kota ini dengan menjelajah Pantai Nirwana, Pantai Pasumpahan, Air Terjun Sarasah, Bukit Nobita, Museum Adityawarman, hingga Trans Studio Mini Padang.

Anda juga tak perlu khawatir bila membutuhkan akomodasi untuk bermalam di kota ini. Dengan anggaran di bawah Rp800.000 per kamar per malam, Anda bisa bermalam di Hotel Truntum Padang atau Grand Basko Hotel.

Menikmati sensasi relaksasi di pantai dan desa wisata di Lombok

Konsep slow travelling dapat menjadi cara yang bisa Anda terapkan selama berkunjung ke Lombok untuk menikmati liburan secara santai, tenang, dan nyaman. Misalnya, mengunjungi daerah-daerah yang terkenal dengan wisata alam mulai dari Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Narmada, hingga pantai-pantai lainnya.

Masih terkait dengan alam, ajaklah juga anak-anak untuk berwisata sambil belajar ekosistem alam di Lombok Wildlife Park yang memiliki 45 spesies dan 195 jenis hewan unik.

Opsi lain, Anda dan keluarga dapat melihat langsung budaya lokal yang hidup di Lombok. Dengan menggunakan jasa panduan Tour Desa Wisata Mandalika, Anda tak perlu repot untuk merencanakan perjalanan ke Desa Sukarara, Desa Sade, Pantai Kuta, Bukit Merese, dan Pantai Tanjung Aan.

Baca juga: Intip pilihan destinasi dan panduan wisata bersama keluarga

Mengenal budaya takbenda di kota Pontianak

Ibu kota Kalimantan Barat ini menyimpan banyak warisan budaya takbenda yang dapat Anda pelajari saat berwisata ke kota ini seperti tenun corak insang, arakan pengantin, tradisi saprahan Melayu Pontianak, hingga santapan yang diakui sebagai warisan budaya takbenda oleh Kemendikbud seperti pacri nanas, sayur keladi, dan ikan asam pedas.

Anda juga perlu mencicip hidangan khas Pontianak lainnya di beberapa tempat makan mulai dari Es Krim Petrus, Abang Kepiting Restaurant, Pondok Kakap, Kwetiau Apollo, hingga Bakmie Kepiting Atie.

Selain destinasi wajib Tugu Khatulistiwa dan Taman Khatulistiwa, jelajahilah beberapa destinasi menarik di Pontianak seperti Pantai Pasir Panjang, Kapuas River Cruise, Katedral Santo Yosef, dan Pasar Tengah Pontianak.

Untuk menginap, Anda bisa singgah di Hotel Maestro atau Hotel Borneo yang berada di pusat kota dengan akses yang mudah dan dekat dari berbagai destinasi.

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Bali saat liburan sekolah

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023