Sudah menjadi tugas kami untuk melakukan pembinaan
Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta melakukan pembinaan terhadap PT Pembangunan Jaya Ancol untuk menangani sejumlah proyek yang tidak terawat dan terurus (mangkrak).
 
"Sudah menjadi tugas kami untuk melakukan pembinaan," kata Kepala BP BUMD Nasruddin Djoko Surjono di Jakarta, Selasa, usai melakukan kunjungan kerja ke Ancol.
 
Kunjungan kerja ke Ancol itu meliputi rapat evaluasi dengan manajemen, monitor indikator kinerja kunci (key performance indicator/ KPI)  dan koordinasi lainnya.
 
Menurut Nasruddin, BP BUMD merupakan mitra dari BUMD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, dengan demikian bertugas memajukan BUMD diantaranya melalui diskusi, saran, dan masukan.
 
Oleh karenanya BP BUMD akan mengoordinasikan dan melakukan monitor tindak lanjut atas kinerja maupun proyek-proyek yang ada di Ancol.
 
Sebelumnya, ramai dibicarakan beberapa proyek yang ada di dalam Ancol mangkrak. Beberapa proyek yang mangkrak diantaranya pembangunan apartemen, hotel, hingga mal ABC. Proyek tersebut tidak berjalan dan berujung menimbulkan kerugian bagi Ancol.
 
Masalah bertambah dengan adanya isu dualisme antara pihak perusahaan yang bekerjasama dengan pihak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk
 
Karena permasalahan tersebut komisi B DPRD DKI Jakarta kemudian memanggil jajaran perusahaan dengan kode bursa PJAA ini untuk menjelaskan persoalan tersebut.
 
Selain itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Suhud Alynudin meminta Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) mengaudit PT Pembangunan Jaya Ancol terkait mangkraknya beberapa proyek.
 
"Harus ada audit dari BPBUMD biar kita tau berapa kerugian yang muncul biar masyarakat tahu," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu saat rapat dengan jajaran PT Pembangunan Jaya Ancol, Rabu.
Baca juga: Badan Pembinaan BUMD DKI dinilai tidak maksimal pantau Ancol
Baca juga: Legislator sebut kasus mangkrak proyek Ancol bisa masuk ke pengadilan
Baca juga: Pj Gubernur DKI minta Ancol ikut berperan bangun Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023