peningkatan jumlah penumpang berangkat terutama penumpang tujuan Sumatera, yakni Padang, Palembang, Bengkulu, dan Jawa Tengah
Jakarta (ANTARA) - Jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah meningkat drastis sejak Minggu (25/6) hingga Selasa (27/6).

"Peningkatan penumpang sudah mulai terlihat sejak Minggu (25/6). Dari yang sebelumnya jumlah maksimal penumpang berangkat itu sekitar 300-350 orang, pada hari minggu mencapai 500 penumpang," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan jumlah penumpang sempat menurun lagi pada Senin (26/6) menjadi 400 penumpang dan kemudian meningkat lagi pada hari ini, Selasa (27/6).

Ia mengatakan peningkatan jumlah penumpang berangkat terutama penumpang tujuan Sumatera, yakni Padang, Palembang, Bengkulu, dan Jawa Tengah.

"Untuk hari ini sampai dengan pukul 16.00 WIB, penumpang yang sudah diberangkatkan sebanyak 453 orang, kemungkinan nanti malam (pukul 24.00 WIB) bisa mencapai 1.000 penumpang," ungkap Revi.

"Sebanyak 453 penumpang tersebut mayoritas berangkat tujuan Sumatera, sementara untuk Jawa, terutama Jawa Tengah biasanya berangkat sore ini," ungkap Revi.

Ia mengatakan hari ini dan dilanjutkan besok akan menjadi puncak peningkatan jumlah penumpang.

"Tadi saya cek di loket, tujuan favorit itu Padang. Itu tiket yang dijual daring sampai Jumat (30/6) sudah habis," ungkap dia.

Ia mengatakan masyarakat yang belum mendapat tiket daring untuk perlu khawatir karena bisa datang langsung ke terminal untuk membeli tiket.

"Nanti maskapai bus akan menyediakan bus bantuan sesuai dengan tujuan penumpang terkait," ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan resmi menyampaikan cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah ditambah menjadi dua hari yakni tanggal 28 dan 30 Juni 2023.
Baca juga: Terminal Kalideres pertahankan operasional dini hari TransJakarta
Baca juga: Food Station pastikan ketersediaan pangan cukup jelang Idul Adha
Baca juga: Pemkot sosialisasi penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023