Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menyerahkan bonus kepada enam atlet di kota tersebut yang berhasil meraih medali pada SEA Games 2023.

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara dalam acara penyerahan bonus para atlet itu di Denpasar, Selasa (27/6), berpesan agar para atlet tak mudah berpuas diri.

"Namun harus terus meningkatkan kemampuan sehingga bisa meraih juara pada jenjang pertandingan yang lebih tinggi. Bisa memanfaatkan diri sebaik-baiknya dan bisa menuju ajang lebih tinggi," ujarnya.

Sebanyak enam atlet Denpasar yang berprestasi pada SEA Games 2023 mendapat bonus dengan besaran bervariasi, yakni Rp30 juta untuk peraih medali emas.

Baca juga: PGSI kucurkan bonus untuk pegulat peraih medali SEA Games 2023

Keenam atlet tersebut, yakni Sayu Bella Suksma Dewi meraih dua emas cabang olahraga balap sepeda perorangan dan beregu. Sedangkan Kadek Pratita Citta Dewi meraih medali emas untuk basket.

Kemudian Ni Kadek Ariani medali emas, perak dan perunggu cabang olahraga cricket, I Ketut Arya Pastika medali perunggu dari cabang cricket dan Gede Yogi Prastama medali perunggu cabang olahraga cricket serta Kadek Andre Nova Prayada dari cabang olahraga pencak silat meraih medali perak.

Salah satu peraih medali, Sayu Bella Suksma Dewi (20) mengaku bahwa SEA Games 2023 adalah ajang SEA Games kedua yang diikutinya pada balap sepeda. Pada SEA Games pertama yang ia ikuti, hanya berada pada posisi kelima.

"Dalam setahun saya mencoba memperbaikinya dan bisa dapat emas untuk perorangan dan beregu," kata perempuan asal Sidakarya Denpasar itu.

Baca juga: KONI DKI siapkan penghargaan bagi atlet yang raih medali SEA Games

Atas prestasinya tersebut, dari pemerintah pusat ia meraih bonus Rp500 juta untuk perorangan dan Rp367 juta untuk emas beregu.

Saat ini, dirinya masih mempersiapkan diri untuk berlaga di Asean Games pada September mendatang. Selain itu ada juga pra PON yang akan digelar di Sumatera Selatan.

Ketua KONI Denpasar IB Toni Astawa mengatakan, bonus yang diberikan oleh Pemkot Denpasar merupakan sebuah apresiasi bagi peraih medali dalam SEA Games.

Adapun jumlah bonus tersebut pun bervariasi sesuai medali yang didapat atlet tersebut. Untuk medali emas perorangan dapat Rp30 juta dan emas beregu Rp25 juta.

Selanjutnya untuk medali perak perorangan dapat Rp15 juta, sementara beregu Rp10 juta dan medali perunggu untuk perorangan Rp7,5 juta dan beregu Rp5 juta.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023