kegiatan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dilakukan pada Kamis
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Jakarta Timur menyerahkan kepada masing-masing cabang untuk melakukan penyembelihan hewan kurban, meski warga Muhammadiyah telah melaksanakan shalat Idul Adha pada Rabu ini.

"Kami menyerahkan kepada masing-masing cabang untuk proses penyembelihannya karena kondisi masing-masing cabang berbeda," kata Ketua PDM Jakarta Timur Nur Rianto Al-Arif di Jakarta, Rabu.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengimbau kepada warga Muhammadiyah untuk menyembelih hewan kurban mengikuti hari raya yang ditetapkan pemerintah pada Kamis (29/6) sebagai bentuk toleransi atau keberagaman.

Menurut dia, sejumlah pimpinan cabang Muhammadiyah (PCM) di wilayah Jakarta Timur tetap menyembelih hewan kurban pada Kamis (29/6), sesuai imbauan pimpinan pusat.

Ia mencontohkan untuk PCM Duren Sawit II, kegiatan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dilakukan pada Kamis (29/6). Keputusan tersebut sudah disepakati, bahkan jauh sebelum imbauan PP Muhammadiyah.

"Contohnya di cabang Duren Sawit II, kami akan melakukan proses penyembelihan sampai pendistribusian memang di esok hari dan hal tersebut sudah kami putuskan sebelum ada himbauan dari pak Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti," jelas Arif.
Sekretaris Badan Pengurus Harian (BPH) RS Islam Jakarta Muhammad Ziyad saat memberikan keterangan pers usai pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Baitusy Syifa Rumah Islam Jakarta, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengurus Harian (BPH) RS Islam Jakarta Muhammad Ziyad menjelaskan penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan pada hari ini di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi.

Dia mengatakan ketentuan penyembelihan yang tetap dilaksanakan hari ini dikarenakan anjuran PP Muhammadiyah agar melakukan penyembelihan melalui rumah pemotongan hewan (RPH).

"Tentu kita mengikuti imbauan dari PP Muhammadiyah, tetapi memang ada dalam anjuran tersebut agar dipotong oleh RPH yang dilakukan secara profesional," jelas Ziyad seraya mengatakan terdapat enam ekor sapi dan sembilan ekor kambing di RS Islam Pondok Kopi yang akan disembelih.

Namun, kata dia, karena sudah ada akad dengan RPH tersebut, sejumlah tempat di PCM tetap melaksanakan penyembelihan kurban pada hari ini.

Meski demikian, ia menjelaskan penyembelihan hewan dilakukan secara tertutup guna menghormati umat Islam lainnya yang belum melaksanakan Idul Adha.

"Karena itu ada beberapa tempat yang terikat dengan akad dengan RPH tersebut sehingga menyembelih kurban pada Rabu. Tapi itu sifatnya dilaksanakan secara tertutup, itu untuk menjaga keharmonisan dengan baik di seluruh amal usaha Muhammadiyah," jelas Ketua Lembaga Pembinaan Haji dan Umroh PP Muhammadiyah itu.
Baca juga: Gedung PP Muhammadiyah siap tampung 1.500 jamaah Shalat Idul Adha esok
Baca juga: Jakarta Selatan edukasi peternak sapi untuk olah limbah
Baca juga: Pj Gubernur DKI lepas ratusan petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023