terus mengawal agar sapi kurban dari Bapak Presiden aman dan sehat
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan distribusikan daging kurban dari sapi bantuan Presiden Joko Widodo untuk warga Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, akan didistribusikan secara adil.

"Kita terus mengawal agar sapi kurban dari Bapak Presiden aman dan sehat, hingga daging kurbannya dapat terdistribusi dengan adil kepada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Pemprov Kepri, Adi Prihantara di Tanjungpinang, Rabu.

Sekda menyebut saat ini sapi kurban Presiden sudah berada di Pulau Serasan setelah menempuh perjalanan laut sekitar 14 jam dari Selat Lampa, Natuna.

Sapi kurban berbobot 750 kilogram itu, kata dia, akan disembelih usai shalat Idul Adha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

"Setelah itu, daging kurban akan langsung dibagikan kepada warga yang berhak menerima di Pulau Serasan," ujar Adi.

Baca juga: Presiden beli sapi kurban seberat 1,1 ton dari peternak Lumajang
Baca juga: Wakil Presiden serahkan sapi kurban satu ton lebih ke Masjid Istiqlal


Lanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena bantuan sapi kurban ini sangat bermanfaat bagi warga Pulau Serasan yang bisa untuk menikmati daging kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Sekda Adi juga mengapresiasi Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono yang memberikan atensi khusus kepada Provinsi Kepri, karena lokasi sapi yang harus menyeberang dari Pulau Natuna ke Pulau Serasan, sebuah pulau terluar di Natuna.

"Sapi kurban Bapak Presiden ini merupakan sapi lokal yang dipelihara peternak di Natuna. Sapinya gagah dan besar," ujarnya.

Sementara, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Kepri sehingga proses dari awal sampai dengan pengiriman sapi yang diberikan Presiden Jokowi kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik

“Terima kasih juga kepada Gubernur, Bupati/ Wali Kota yang terus mengawal ini, karena hal ini menjadi atensi Bapak Presiden,” katanya melalui siaran virtual dari Jakarta.

Baca juga: Kurban sapi bantuan Presiden disembelih di Kabupaten Merangin
Baca juga: Presiden Jokowi beli sapi warga Sumut untuk kurban


Heru Budi Hartono mengungkapkan beberapa lokasi yang menjadi perhatian Bapak Presiden dalam pendistribusian sapi di antaranya seperti Provinsi Aceh lokasi yang dituju sejauh 642 kilometer, Provinsi Kepri menyeberangi pulau dengan perjalanan 14 jam, Provinsi Sulawesi Tenggara menyeberang ke pulau Buton sejauh 283 kilometer, Provinsi Kalimantan Barat menyeberangi Sungai Kapuas serta Provinsi Kalimantan Utara yang harus menyeberang dari Pulau Tarakan ke Malinau.

Heru juga menyampaikan imbauan Presiden Jokowi terkait sapi yang diberikan itu agar tidak diberikan nama pada badan sapi maupun mengalunginya di leher.

"Sebaiknya dibuat papan nama atau spanduk saja," ujar Heru.

Heru juga memohon kepada kepala daerah, khususnya Gubernur untuk dapat memberikan berita-berita yang terbaik dan jika ada berita yang kurang baik, maka melalui Kominfo untuk dapat memberikan klarifikasi karena Presiden RI tidak dapat menjangkau semua titik dan memonitor semua berita yang kurang baik.

"Untuk itu kami mempercayai Gubernur untuk memberikan klarifikasi jika ada berita-berita yang kurang baik," katanya pula.

Baca juga: Peternak di Natuna sangat senang sapi miliknya dibeli Presiden Jokowi
Baca juga: Sapi kurban sumbangan Presiden untuk Sulsel disembelih di Bone

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023