Gubernur Aceh menyerahkan langsung kepada Bupati Aceh Singkil
Banda Aceh (ANTARA) - Sapi kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo untuk Provinsi Aceh tahun ini memiliki bobot mencapai satu ton lebih yakni 1.088 kilogram (kg) yang dibeli dari peternak asal Banda Aceh.

"Spesifikasi sapi kurban Presiden 2023 itu sapi Simental jantan, berumur empat tahun dengan berat 1.088 kg," kata Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, di Banda Aceh, Rabu.

Zalsufran menyampaikan, setiap tahun pelaksanaan Idul Adha Presiden selalu memberikan sapi kurban masing-masing satu ekor setiap provinsi untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada masyarakat.

Tahun ini, kata Zalsufran, sapi bantuan Presiden tersebut diberikan kepada Kabupaten Aceh Singkil dan telah dilakukan proses serah terima oleh Gubernur Aceh.

"Sudah serah terima oleh Gubernur Aceh menyerahkan langsung kepada Bupati Aceh Singkil," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kepri pastikan sapi kurban Presiden didistribusikan adil
Baca juga: Presiden beli sapi kurban seberat 1,1 ton dari peternak Lumajang


Sapi kurban Presiden untuk Aceh tahun ini lebih berat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya memiliki bobot 874 kilogram, dan diserahkan kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Zalsufran menuturkan, setelah diserahkan kepada kabupaten penerima, maka untuk proses penyembelihan hingga pembagian dan siapa saja masyarakat yang berhak mendapatkan dagingnya itu ditentukan oleh pemerintah daerah sendiri.

"Kalau untuk teknis penyerahannya kepada siapa saja dibagikan itu sudah ditentukan oleh pemerintah daerah (Pemkab Aceh Singkil)," demikian Zalsufran.

Baca juga: Wakil Presiden serahkan sapi kurban satu ton lebih ke Masjid Istiqlal
Baca juga: Kurban sapi bantuan Presiden disembelih di Kabupaten Merangin
Baca juga: Presiden Jokowi beli sapi warga Sumut untuk kurban

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023