Jakarta (ANTARA) -
Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi selangkah lagi mendapatkan gelar ITF perdana sepanjang karier usai mencapai final seri ketiga Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023.
 
Bertanding di Lapangan Tenis Hotel Sultan Jakarta, Sabtu, Rifqi meraih tiket final setelah mengalahkan unggulan ketiga asal India, S D Prajwal Dev dengan skor 7-6(3), 6-2.
 
"Laga berlangsung sengit, saling kejar-mengejar poin dan sama-sama bisa mengambil break," ujar petenis peringkat ke-695 tunggal internasional melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.
 
Rifqi sebenarnya sempat unggul satu break pada pertengahan set pertama, 5-3. Namun, dua kali double faults menghambat langkahnya.

Baca juga: Rifqi Fitriadi melaju ke semifinal Harum Energy Mens World Tennis Tour
 
Tak mau makin terpuruk, dia berhasil mengambil servis lawan. Tak memberikan satu poin pun skor kecil, peraih emas tunggal SEA Games 2023 ini memaksa berlangsungnya tie break. Tujuh poin didapatkannya lebih dulu. Set pembuka pun dalam genggamannya, 7-6(3).
 
"Pada set kedua, Prajwal Dev mengubah permainannya. Dia menyerang dan mengincar forehand saya. Itu justru cocok dengan permainan saya," ujar Rifqi.
 
Rifqi pun makin nyaman bermain di set kedua. Peraih emas SEA Games 2023 Kamboja untuk sektor tunggal putra ini berhasil menyelamatkan satu-satunya upaya pencurian servis dari lawan. Sebaliknya, ia merenggut dua servis lawan dalam lima kemenangan beruntun, 6-2.

Baca juga: Rifqi Fitriadi siap balas dendam di Harum Energy Tennis Tour Seri III
 
Pada partai puncak, dia akan meladeni pasangan gandanya Palaphoom Kovapitukted asal Thailand yang menundukkan wakil India, Sidhant Bhantia, 6-3, 6-2.
 
"Kami seangkatan. Sudah bertemu sejak 2015. Kami masih muda dan bermotivasi tinggi. Akan saya berikan penampilan terbaik," ujar Rifqi
 
Dalam partai final keduanya di tahun ini, atlet kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini akan berjuang untuk mendapatkan gelar pertama turnamen ITF.
 
Pada sektor ganda unggulan ketiga asal India, S D Prajwal Dev dan Nitin Kumar Sinha menjadi juara setelah pada partai puncak mengalahkan pasangan Jepang Shuichi Sekiguchi dan Kazuma Kawachi dalam dua set langsung, 6-1, 6-2.

Baca juga: Petenis Jepang dominasi pekan ketiga Harum Energy Tennis Tour 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023