Jakarta (ANTARA) - Yayasan Plan International Indonesia mengajak masyarakat luas melalui ajang lomba lari untuk turut berpartisipasi dalam pemenuhan akses air bersih di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) guna mengurangi stunting.

"Langkanya sarana air bersih di sebuah daerah akan berdampak langsung dengan tingkat stunting yang dialami anak-anak di wilayah tersebut, dalam hal ini di NTT," ujar Resource Mobilization Director dari Plan Indonesia, Linda Sukandar, saat jumpa pers di Jakarta, Minggu.

Ia mengemukakan ajang bertema Jelajah Timur Run for Equality 2023 itu akan mengambil lokasi di wilayah So’E, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT pada 27-28 Oktober 2023.

"Sekitar 80 pelari jarak jauh yang dipilih melalui seleksi yang akan menempuh jarak 108 km," katanya.

Ia menambahkan acara lari amal ini adalah kali kelima yang diselenggarakan Plan Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu.

"Hasil penggalangan dana dalam empat tahun ke belakang yang dilakukan oleh para penjelajah (sebutan untuk para pelari Jelajah Timur) sudah membantu pembangunan fasilitas air bersih di 12 desa di NTT, dengan jumlah penerima manfaat lebih dari 13.000 jiwa," paparnya.

Baca juga: BPBD: Enam desa di Probolinggo menghadapi krisis air bersih

Ia mengatakan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) akan menjadi tuan rumah yang juga merupakan salah satu kabupaten dengan angka kasus stunting yang paling tinggi.

Berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia 2021, persentase kasus stunting yang terjadi di TTS mencapai 48,3 persen dan menjadi yang tertinggi di NTT.

"Artinya, diantara 100 anak-anak balita di TTS, terdapat 48 anak balita yang mengalami stunting. Persentase ini jauh di atas angka toleransi kasus stunting WHO yaitu dibawah 20 persen," katanya.

Berdasarkan riset Kementerian Kesehatan RI, disampaikan, stunting yang disebabkan oleh tidak adanya air bersih dan sanitasi buruk mencapai 60 persen, sedangkan 40 persen sisanya disebabkan oleh gizi buruk.

Ia berharap melalui kampanye lari amal Jelajah Timur Run for Equality masyarakat bisa berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanggulangan stunting di NTT dengan mendukung penyediaan sarana air bersih di desa-desa dampingan Plan Indonesia.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023