Alhamdulillah, usulan dari kami telah direalisasikan, walau dibangun dalam bentuk BTS sementara.
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) siap membangun Base Tranceiver Station (BTS) di Gampong Data Cut, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar dalam upaya meningkatkan layanan komunikasi di daerah setempat.

“Pembangunan BTS ini merupakan bagian dari respons permintaan kami kepada Direktur Badan Aksesibiitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo RI, terkait upaya mengatasi blank spot sebagian Kecamatan Kota Jantho, serta beberapa kecamatan lainnya di Aceh Besar,” kata Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, di Jantho, Senin.

Ia menjelaskan BTS perdana yang direalisasikan atas permintaan dirinya tersebut akan dibangun di kawasan Kecamatan Kota Jantho yang bisa mengcover blank spot untuk Gampong Jalin, Data Cut, Bueng, Awek, Weu hingga Gampong Jantho Asai.

“Atas nama masyarakat Aceh Besar dan secara pribadi, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat dan anggota DPR RI Dapil Aceh Muslim yang telah membantu memfasilitasi dan mengawal usulan dari Pemkab Aceh Besar, untuk pembangunan BTS ini,” katanya pula.

Menurut dia, BTS yang dibangun saat ini sifatnya sementara, namun bisa berfungsi untuk mendukung kelancaran komunikasi dan untuk BTS permanen nanti akan dibangun di sebelah BTS sementara yang segera dipindah ke lokasi lain untuk peran yang sama.

BTS sementara itu memiliki tinggi 42 meter, sementara BTS permanen nantinya akan dibangun dengan tinggi 72 meter.

“Alhamdulillah, usulan dari kami telah direalisasikan, walau masih dalam kondisi dibangun dalam bentuk BTS sementara, namun blankspot akan segera teratasi sejak berfungsinya tower BTS dimaksud,” kata Iswanto.

Sebelumnya, dalam suratnya bernomor 555/ 2993 tertanggal 15 Agustus 2022 yang ditujukan kepada Direktur Badan Aksesibiitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo RI, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto memohon pembangunan BTS di beberapa lokasi blank spot di Aceh Besar atau tak terjangkau signal operator seluler.

Adapun daerah yang diusulkan untuk pendirian BTS itu adalah dua unit di Pulo Aceh, satu unit di Kuta Cotglie serta satu unit di Kecamatan Kota Jantho, tepatnya di Gampong Data Cut.
Baca juga: Infrastruktur Telekomunikasi di Aceh Tetap Normal
Baca juga: Telkomsel tambah 600 BTS antisipasi kenaikan layanan data Aceh-Sumut


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023