Jakarta (ANTARA) - Tokopedia Fashion Week kembali hadir di pertengahan tahun 2023 sebagai panggung bagi jenama fesyen lokal agar dapat lebih dikenal luas dan meningkatkan penjualan, serta sebagai upaya mendukung pertumbuhan industri fesyen dalam negeri.

Head of Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo saat konferensi pers di Jakarta pada Rabu mengatakan, fesyen lokal perlu didukung mengingat ekonomi kreatif menyumbang PDB Indonesia sebesar 7,8 persen di mana fesyen menjadi salah satu penyumbang terbesar.

Ekonomi kreatif khususnya fesyen, kriya, dan kuliner di Indonesia juga berpotensi menyumbang hingga 20 persen terhadap ekonomi global.

"Kita pun melihat hal yang sama. Dari data internal kami, kami melihat peningkatan penjual-penjual baru di beberapa daerah di Indonesia. Ada di Aceh, Jambi, dan Sampang, Jawa Timur. Ini angkanya signifikan, sampai 2,5 kali lipat peningkatannya," kata Aldhy.

Baca juga: Kadin sebut JMFW jadi upaya Indonesia kuasai pasar fesyen Muslim dunia

Tokopedia Fashion Week 2023 juga dikatakan Aldhy bertujuan mempermudah masyarakat Indonesia menemukan berbagai produk fesyen dan promo.

Adapun produk fesyen yang dimaksud meliputi fesyen wanita, fesyen muslim, modest wear, hingga fesyen pria dari jenama-jenama lokal yang telah dikurasi sebelumnya, yaitu SARE studio, KAMI Bag, Jolie Clothing, INPACA, Callie Cotton, dan SAVA shoes.

"Proses kurasi ini panjang. Tapi kita di Tokopedia punya tim khusus di kategori fesyen yang kita reach out ke pelaku bisnis di industri fesyen. Di situ, kita banyak bertukar pikiran, komunikasi dengan para owner brand, dari situ kita melihat mana brand yang cocok dan tertarik untuk selalu mengembangkan bisnis," ujar Aldhy.

Di samping itu, Aldhy mengatakan Tokopedia Fashion Week 2023 juga menghadirkan produk-produk eksklusif yang hanya tersedia di Tokopedia, dengan berkolaborasi bersama para pemengaruh.

Jolie Clothing berkolaborasi dengan Amelia Gonta menawarkan koleksi-koleksi termasuk Zena Straights Pants yang bisa dipadupadankan dengan Tania Outer Blazer Top.

Sare studio berkolaborasi dengan Dhatu Rembulan menghadirkan koleksi piyama yang cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita, salah satunya piyama berbahan rayon dengan warna navy untuk variasi Obi Loose Dress, Paru Long Sleeve Pajama, dan Praya Parigi Kids Long Sleeve Set.

Ada juga series warna Sky Bijou untuk variasi Toba Pajama Top, Nias Wrap Nightdress, Gani Unisex Relax Pants, Praya Parigi Kids Long Sleeve, dan Dali Unisex Relax Top.

Kemudian, Callie Cotton bersama Elxi Evina menghadirkan ragam pakaian dengan desain kekinian, seperti Ansel Top dengan detail segitiga hingga Felis Skirt dan Lyndon Skirt berbahan jeans berkualitas.

Lalu, kolaborasi KAMI Bag dengan Anissa Aziza yang menghadirkan tas modis dan fungsional dengan desain modern, kolaborasi Sava shoes dengan Valen Amijo yang menghadirkan aneka pilihan sepatu wanita stylish dengan desain dan material kulit premium. Terakhir, Inpaca berkolaborasi dengan Delvanni menghadirkan koleksi flat shoes hingga strappy shoes yang cantik.

Tak ketinggalan, Tokopedia Fashion Week 2023 juga menghadirkan berbagai promo termasuk flash sale mulai Rp7.000 dan diskon hingga 99 persen. Tokopedia Fashion Week 2023 berlangsung hingga 16 Juli 2023.

Baca juga: Karya Bali Fashion Parade 2023 gunakan 80 persen produk UMKM lokal

Baca juga: Ketua IFC sambut LIMOFF sebagai tanda majunya modest fashion Indonesia

Baca juga: Gaya busana modest bersama Bestie dan Brotherhood

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023