Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti berharap Komjen Pol. Agus Andrianto dalam menjalankan tugas barunya sebagai Wakapolri dapat berperan meningkatkan profesionalisme anggota Polri.

“Kepada Komjen Pol. Agus Andrianto kami ucapkan selamat melaksanakan tugas membantu Kapolri dalam menjaga harkamtibmas(pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat) agar dapat meningkatkan profesionalitas dan kemandirian seluruh anggota Polri,” kata Poengky di Jakarta, Rabu.

Menurut Poengky, profesionalitas anggota Polri diperlukan dalam melayani, melindungi, mengayomi masyarakat serta menegakkan hukum.

Tidak hanya itu, ia berharap Wakapolri Komjen Pol Agus juga mampu menjaga soliditas internal Polri dan menjaga marwah institusi dengan sebaik-baiknya.

“Kami juga berharap agar Wakapolri dapat menjaga netralitas Polri di tahun-tahun politik dalam Pemilu serta Pilkada serentak 2024 dengan bersinergi sebaik-baiknya dengan TNI,” ujar Poengky.

Komjen Pol. Agus Andrianto resmi menjabat sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono usai dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam upacara serahterima jabatan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7).

Dalam acara pisah, Kapolri mengingatkan Komjen Pol. Agus Andrianto punya pekerjaan rumah untuk melanjutkan apa yang telah diukir oleh Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat menjabat Wakapolri.

Jenderal bintang empat itu mengajak seluruh jajaran Polri untuk sama-sama berjuang mempertahankan dan melanjutkan capaian yang telah diraih oleh Polri, seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Polri satu layaknya sapu lidi.

“Bersama sama terus berjuang dan tentunya untuk bisa mempertahankan dan melanjutkan capaian tentunya semua harus solid dari atas sampai dengan bawah. Karena itu kunci untuk bisa bisa melakukan pencapaian-pencapaian terhadap apa yang menjadi harapan publik, apa yang menjadi harapan Pak Presiden,” kata Sigit.

Baca juga: Komjen Agus Andrianto tegaskan tak ada matahari kembar di Polri
Baca juga: Komjen Agus Andrianto resmi menjabat Wakapolri
Baca juga: Kapolri lantik Wakapolri Agus Andrianto lusa
Baca juga: Pengamat nilai Agus Andrianto mampu beri pengaruh ke internal Polri
Baca juga: Komisi III DPR nilai langkah Kapolri angkat Wakapolri tepat


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023