Mari bersama kita menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 merupakan momentum menggalang dan meningkatkan komitmen seluruh unsur untuk mewujudkan Indonesia yang berkualitas dan bebas stunting.

“Harta yang paling berharga adalah keluarga,” kata Menteri Bintang Puspayoga saat memberikan arahannya dalam video di akun resmi Youtube BKKBN yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Menteri Bintang menuturkan keluarga merupakan sumber kehidupan yang senantiasa memberikan rasa aman karena sewajarnya selalu melindungi dan menjaga setiap anggotanya.

Dari saling melindungi itulah, lanjutnya, keluarga mempunyai kekuatan sebagai sumber kebahagiaan, cinta, dan kasih sayang, yang senantiasa menopang semangat anggotanya untuk terus hidup, tumbuh, dan berkembang, menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Keluarga berkualitas modal utama RI bersaing di kancah internasional

Menteri Bintang juga menekankan keluarga menjadi pihak utama yang berperan dalam membekali nilai nilai-kehidupan generasi muda, yang akan menjadi penerus pembangunan pada masa depan.

“Mari bersama kita menuju keluarga bebas stunting untuk Indonesia maju,” ucap Menteri Bintang.

Ia meminta agar semua pihak menjaga keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan kesehatan keluarga di Indonesia, sehingga kerja sama tersebut dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi sesama.

“Saya Bintang Puspayoga, beserta jajaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional yang ke-30,” kata Bintang.

Sementara Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum bagi semua pihak untuk merefleksikan peranan penting keluarga.

Baca juga: Keluarga, darinya kualitas anak bangsa tercipta

Ia menekankan keluarga sebagai fondasi utama dalam membentuk budaya, karakter perilaku, dan keluarga memegang peranan besar dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Keluarga yang tentram, mandiri, dan bahagia, merupakan kunci utama dalam membangun suatu bangsa. Untuk itu optimalkan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak-anak kita, agar menghasilkan generasi sehat, cerdas, dan bebas dari stunting,” ujarnya.

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang puncak acaranya diselenggarakan hari ini di Banyuasin, Sumatera Selatan, Hasto ingin seluruh keluarga di Indonesia berupaya menjaga kualitas keluarga dan anak-anak bangsa agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

“Saya Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional ke-30, rencanakanlah sejak dini keluarga yang berkualitas, bebas stunting untuk Indonesia maju. Berencana itu keren,” ujarnya.

Baca juga: Kemenag sebut bimbingan perkawinan jadi bekal kehidupan rumah tangga

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023