Makassar (ANTARA) - Sebanyak 12 tim mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar lolos ke babak semifinal Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) Divisi National Statistics Competition (NSC) tahun 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Muhammad Ruslin di Makassar, Kamis, mengapresiasi capaian prestasi mahasiswa Unhas pada ajang Satria Data ini.

“Alhamdulillah, satu kabar baik lagi, Unhas berhasil meloloskan 12 tim Satria Data pada National Statistics Competition (NSC). Mohon doanya semoga banyak tim mahasiswa Unhas yang lolos ke final dan bisa menjuarai ajang ini,” ujar Ruslin.

Baca juga: Universitas Hasanuddin tuan rumah final Pilmapres Nasional 2023

Satria Data merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kegiatan Satria Data ini merupakan salah satu ajang talenta jenjang pendidikan tinggi bidang sains, riset, dan inovasi yang bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan statistik dan data.

Pada babak penyisihan, terdapat 66 tim yang dinyatakan lolos ke babak semifinal. Adapun babak semifinal akan berlangsung pada 15 Juli 2023 secara daring.

Baca juga: Mahasiswa Unhas sabet perak ajang ONMIPA Kemendikbudristek di ITB

Ruslin menambahkan, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas terus berupaya meningkatkan prestasi mahasiswa, baik di skala nasional maupun internasional. Mantan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas ini juga menyampaikan sejumlah capaian prestasi mahasiswa Unhas belum lama ini.

“Tahun ini kita juga berhasil meloloskan 135 proposal pendanaan PKM dan menduduki peringkat 4 nasional. Unhas juga meloloskan 7 tim untuk mendapatkan pendanaan pada Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa),” ujarnya.

Tidak hanya itu, pada ajang Olimpiade Nasional MIPA belum lama ini, Unhas berhasil meraih medali perak untuk bidang studi matematika.

Baca juga: Unhas peringkat empat nasional pendanaan PKM Kemendikbudristek

"Keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja keras dan semangat seluruh tim Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, tim pokja, dosen pembina dan pendamping, serta jajaran fakultas dan universitas," katanya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023