Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar bazar Jumat Beli Lokal (JBL) secara daring dengan menghadirkan produk unggulan dari 50 Jakpreneur Jakarta Barat, Jumat.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid mengatakan, program bertajuk "Karya Hebat Untuk Jakarta Barat" tersebut digelar secara daring melalui media sosial dan kanal belanja digital.

"Jumat Beli Lokal ini berlangsung dari tanggal 7-10 Juli 2023. Live shopping (belanja lewat siaran langsung) dilakukan pada Jumat (7/7) mulai pukul 10.00- 11.00 WIB, dengan menghadirkan tokoh publik Nita Gunawan, dan Abang Jakarta Barat 2022, Edwin Zhan," ujarnya.

Ia mengatakan, JBL menawarkan sekitar 100 produk unggulan para Jakpreneur mulai dari makanan, pakaian dan kriya.

"Kami juga buka 'store' (toko). Untuk JBL bagi para calon pembeli juga dapat memesan melalui kanal belanja bisa cek katalog JBL Jakarta Barat di bit.lykatalogJBLBaratJuli23 dan kunjungi tokonya di jabfestofficial tokopedia," katanya.

Baca juga: Pemkot Jakbar harapkan UMKM lakukan digitalisasi pembayaran

JBL juga menerima pemesanan melalui aplikasi WhastApp yang akan terhubung langsung dengan peserta sehingga masyarakat bisa langsung pesan produk yang disukai.

Selain itu, JBL juga melayani pembelian paket yang bisa dipesan melalui WA JBL 0882-1823-3935.

Ia mengatakan, program JBL tersebut diadakan secara rutin tiga bulan sekali untuk memperluas pemasaran produk para pelaku Jakpreneur.

"Jadi, kita tidak hanya melakukan pembinaan tetapi juga membantu pemasaran dari pelaku Jakpreneur, salah satunya dengan e-order (pemesanan online) seperti ini," ungkap dia.

Untuk meningkatkan perekonomian di Jakarta, pihaknya mengajak masyarakat mendukung pelaku Jakpreneur dengan membiasakan untuk membeli produk lokal.

Baca juga: Jakarta Timur raih penghargaan MURI kategori bazar terbesar

"Mari bantu sejahterakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kita dengan membeli produk-produknya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Barat, Lisniawati Kuswanto mengatakan bahwa diundangnya tokoh publik untuk membantu promosi penjualan dari para pelaku Jakpreneur Jakarta Barat.

"Kami berharap melalui program ini nanti banyak yang akan belanja, sehingga semakin memberdayakan para pelaku Jakpreneur," ungkap dia.

Ia melanjutkan, meskipun sebelumnya penjualan sudah menghasilkan pendapatan yang lumayan bagi para pelaku Jakpreneur binaan, diundangnya tokoh publik ini berguna untuk memperluas pemasaran.

"Apalagi bila dilakukan secara daring ya. Jadi, produk lokal tapi tidak murahan. Kita buktikan juga dari penjualan hari ini," ungkap dia.

Baca juga: Pemkot Jakbar gelar bazar Jakpreneur di empat lokasi pada Juli 2023
 

Hingga kini, hasil penjualan dalam JBL masih direkapitulasi oleh pihak Sudin PPKU Jakarta Barat.

"Masih kita rekap," ungkap Iqbal.

Usai kegiatan berlangsung, para pelaku Jakpreneur tampak melakukan rekapitulasi hasil penjualan daring mereka.

Beberapa pembeli juga ada yang mengunjungi secara langsung toko Jakpreneur di Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Di atas meja nampak beberapa produk tas dan produk lain yang dijual oleh mereka. 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023