Tidak hanya itu, Polri juga telah melaksanakan tugasnya dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia menuju Pemilu 2024.
Surabaya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono memberikan apresiasi kepada Polri yang membuktikan dedikasinya dalam upaya melindungi masyarakat melalui program-program pencegahan kriminalitas.

"Polri juga berperan sebagai mitra dalam membangun kesadaran akan pentingnya keamanan bersama," kata Adi Sutarwijono dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Untuk itu, kata Adi, pencapaian Polri dalam membangun hubungan yang erat dengan masyarakat patut diapresiasi, khususnya dalam rangkaian peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara tahun ini.

Menurut dia, Polri telah melibatkan masyarakat secara aktif dalam program-program pencegahan kriminalitas seperti patroli bersama dan penyuluhan tentang kesadaran akan keamanan.

Hal itu, kata dia, tentunya sesuai dengan hasil survei dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat jadi 76,4 persen pada bulan Juni 2023.

Kesigapan dan kehadiran petugas kepolisian di berbagai daerah, khususnya Kota Surabaya, telah membangun kepercayaan dan menginspirasi masyarakat untuk hidup dalam suasana harmoni tanpa rasa takut atau cemas.

Tidak hanya itu, Polri juga telah melaksanakan tugasnya dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia menuju Pemilu 2024.

Pencapaian kinerja mengesankan ini, turut menuai apresiasi yang tinggi dari masyarakat Kota Surabaya yang merasa terlindungi dan yakin bahwa Polri adalah pilar yang kuat dalam membangun sebuah negara yang aman dan damai.

Pada beberapa tahun terakhir, lanjut dia, operasi oleh Polri, baik dalam menangani tindak pidana biasa maupun kejahatan terorganisasi, terbukti efektif dan telah menghasilkan penangkapan sejumlah pelaku kejahatan berbahaya yang telah meresahkan masyarakat.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turut mengapresiasi keberhasilan Polri dalam meredam konflik sosial dan mencegah terjadinya aksi kerusuhan yang berpotensi merugikan masyarakat.

Menurut dia, kehadiran petugas kepolisian di berbagai daerah telah membangun kepercayaan dan menginspirasi masyarakat untuk hidup dalam suasana harmoni tanpa rasa takut atau cemas.

Tidak hanya itu, Polri juga telah melaksanakan tugasnya dalam mengawal proses demokrasi di Indonesia menuju Pemilu 2024.

"Saya berharap Polri juga bisa terus berjalan beriringan dengan pemerintah daerah dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat," katanya.

Baca juga: Ketua DPRD: Kebutuhan kampung di Surabaya harus diperhatikan
Baca juga: Ketua DPRD: HJKS ke-730 jadi spirit benah kampung di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023