Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan fokus menyosialisasikan potensi dan hasil UMKM mereka via media sosial agar produk-produk hasil karya masyarakat ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu semakin dikenal luas.

"Dengan demikian, orang-orang baik di maupun di luar Kota Medan dapat mengetahui apa saja produk UMKM yang kami hasilkan," ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Medan Benny Nasution kepada ANTARA di Medan, Jumat.

Selain mempublikasikannya lewat media sosial resmi milik pemerintah, Benny melanjutkan, pihaknya juga melibatkan pemengaruh (influencer) yang ada di Kota Medan.

Media sosial, kata dia, merupakan sarana penting dan harus terus diperkuat demi mengibarkan sayap dan memperbaiki kualitas produk UMKM Medan.

"Dan, bukan cuma soal UMKM saja, kegiatan lain Pemko Medan pun juga diupayakan supaya terus dipublikasikan melalui media sosial," tutur Benny.

Terkait dengan memaksimalkan peran media sosial itu, pada Kamis (6/7) malam, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengundang beberapa pemengaruh dan pembuat konten (content creator) ke rumah dinasnya.

Dalam pertemuan itu, Bobby memaparkan program-program pembangunan Kota Medan, baik yang sudah selesai maupun yang tengah berjalan.

Salah satu yang dibicarakan dalam kegiatan tersebut adalah keberadaan Plaza UMKM di Medan yang mau dibuat seperti pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta.

Bobby pun mempersilakan para pemengaruh dan pembuat konten untuk mempromosikan Plaza UMKM itu.

"Kami ingin mengedukasi pelaku usaha yang ingin berjualan (di Plaza UMKM-red) bahwa tempat usaha itu termasuk dalam biaya produksi," kata Bobby.

Pada tahun 2022, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan menyatakan, jumlah pelaku UMKM yang terdata di Simdakop UMKM (Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM) Medan mencapai 38.343 UMKM.

Dari jumlah itu, 1.825 UMKM terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan.

Sampai saat ini, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan, mencatat ada 202 produk UMKM telah menembus pasar internasional.

Baca juga: Pemko Medan: PRSU perkenalkan potensi UMKM kepada masyarakat

Baca juga: Pengusaha UMKM apresiasi perhatian Pemerintah Kota Medan




 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023