dari 392 peserta haji yang tiba di Makassar, satu orang haji diantaranya dinyatakan sedang menjalani perawatan usai mengikuti rangkaian ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.
Makassar (ANTARA) - Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi UPG Makassar Ali Yafid mengatakan Jamaah Haji dari Provinsi Papua mulai tiba di Makassar.

"Untuk jamaah haji dari provinsi lain seperti Papua sudah mulai tiba di Makassar dan mereka tiba Senin dini hari," ucapnya di Makassar, Selasa.

Ali Yafid mengatakan dari 392 peserta haji yang tiba di Makassar, satu orang haji diantaranya dinyatakan sedang menjalani perawatan usai mengikuti rangkaian ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

Pada pemberangkatan haji kelompok terbang (kloter) 7 itu, jumlah haji yang berangkat sebanyak 393 orang termasuk lima orang diantaranya adalah tim pendamping haji dari tenaga kesehatan dan lainnya

"Ada satu peserta haji yang tidak jadi pulang karena masih menjalani perawatan di Mekkah usai jalani rangkaian ibadah haji dan mereka pulang tidak utuh, hanya 392 orang haji," katanya.

Peserta haji kloter 7 ini, terdapat 196 peserta haji asal Papua dan 100 orang dari kota Makassar, serta 92 orang dari Kabupaten Pangkep.

Ali Yafid mengatakan jamaah Papua yang kembali ke tanah air tidak utuh karena 1 orang masih dirawat di RS Saudi German Hospital Makkah atas nama Manjakkala Ace Rangka.

PLH Kepala Kakanwil Kemenag Sulsel itu menyampaikan jamaah haji asal Papua akan menginap di Asrama haji Makassar sebelum melanjutkan perjalanan ke Papua. Namun kata dia, mungkin tidak semuanya kembali ke Papua karena jemaah Papua ini biasanya didominasi oleh jemaah yang berasal dari suku Bugis atau Makassar.

“Biasanya jemaah Papua menginap semalam di Asrama Haji sebelum melanjutkan penerbangan ke Papua, namun dari pengalaman yang ada, tidak semuanya kembali ke Papua karena kebanyakan dari meraka adalah orang-orang Bugis Makassar juga,” terangnya.

Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Syahban Sammana, ketika diberi kesempatan menyapa jamaah kloter 7 menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PPIH Debarkasi UPG Makassar yang dinilainya telah bekerja maksimal dalam membantu pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pangkep dan 2 pemerintah kabupaten/kota lainnya mengucapkan terima kasih kepada PPIH Debarkasi Makassar sekaligus mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air kepada jemaah haji kloter 7. Walau masih capek menempuh penerbangan 13 jam namun rasa capek itu segera hilang karena tidak lama lagi ketemu dengan keluarga,” ucap dia singkat.
Baca juga: MUI Papua harapkan jamaah haji terapkan nilai ibadah pada kehidupan
Baca juga: PPIH sebut jamaah haji asal Papua akan tiba hari ini
Baca juga: Calon haji asal Papua Barat batal berangkat haji karena hamil

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023