Jakarta (ANTARA) - Tiket pertandingan Piala Dunia FIBA sudah bisa dipesan pada Selasa hari ini pukul 18.00 WIB dalam laman resmi FIBA dengan harga paling murah sebesar Rp100 ribu hingga yang tertinggi Rp2,5 juta.

Perwakilan FIBA untuk Indonesia Cahyadi Wanda dalam konferensi pers di Indonesia Arena Jakarta, Selasa, mengatakan harga tiket piala dunia bola basket yang dibanderol mulai dari Rp100 ribu dimaksudkan agar berbagai kalangan masyarakat Indonesia bisa menikmati pertandingan olahraga basket kelas dunia di Jakarta.

"Peluncuran tiket single game ini membantah anggapan bahwa FIBA World Cup 2023 ini hanya terjangkau untuk kalangan tertentu. Sekarang masyarakat Indonesia bisa segera memesan tiket berharga murah ini agar tidak ketinggalan menyaksikan langsung aksi-aksi pebasket kelas dunia di depan mata tanpa harus keluar banyak uang untuk ke luar negeri," kata Cahyadi.

Panitia penyelenggara Piala Dunia FIBA Indonesia membagi kategori tiket ini menjadi lima, yakni 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, kategori 4 dan kategori 5.

Untuk tiket kategori tempat duduk 1A dan 1B dibanderol Rp1.250.000 hingga Rp2.500.000. Kursi kategori 1A berada di deretan paling bawah dan paling dekat dengan lapangan yang berlokasi di tepi lapangan. Sementara kategori 1B berada paling dekat lapangan namun berada di belakang ring.

Baca juga: Merchandise resmi FIBA World Cup 2023 mulai dijual di Hoops Indonesia

Lalu tiket kategori 2A dan 2B seharga Rp500 ribu hingga Rp1.750.000 yang berlokasi di atas kategori 1A dan 1B. Kemudian tiket kategori 3A dan 3B dibanderol dengan harga Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Sementara kategori 4 adalah tribun paling atas pinggir lapangan yang dijual mulai dari Rp125 ribu hingga Rp200 ribu. Kategori 5 merupakan tribun di belakang ring yang dijual mulai dari Rp100 ribu sampai Rp150 ribu.

Menurut Cahyadi, harga tiket Piala Dunia FIBA yang dibanderol mulai dari Rp100 ribu itu cukup terjangkau untuk pertandingan sekelas piala dunia basket.

"Saya rasa itu harga yang sangat terjangkau untuk kejuaraan Piala Dunia. Harus diingat bahwa ini adalah tingkatan tertinggi bola basket di dunia. Jadi dengan harga tersebut semakin banyak pecinta bola basket yang dapat datang ke Indonesia Arena," kata Cahyadi.

Dia juga menyebutkan nantinya ada perbedaan harga tiket sesuai rentang yang yang telah dijabarkan, didasarkan dari negara yang akan bertanding.

Pemesanan tiket dapat dilakukan di laman resmi FIBA. Nantinya, tiket bisa dibayar melalui berbagai aplikasi pembayaran seperti Ovo, Dana, Shopee Pay, dan Link Aja.

Piala Dunia FIBA 2023 digelar di tiga negara Asia yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia. Pertandingan Piala Dunia FIBA di Indonesia akan digelar mulai 25 Agustus hingga 3 September 2023 di Indonesia Arena kawasan komplek olahraga Gelora Bung Karno Jakarta.

Baca juga: Kemenpora gelontorkan Rp135 miliar untuk FIBA World Cup Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023