Jakarta (ANTARA) - Aktris Indonesia Cinta Laura didaulat sebagai duta Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia yang akan bertugas untuk menyosialisasikan kejuaraan dunia olahraga basket yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Cinta Laura merupakan duta kedua untuk Piala Dunia FIBA Indonesia, setelah sebelumnya selebriti Tanah Air Raffi Ahmad telah ditunjuk sebagai duta tersebut sejak tahun lalu.

Perwakilan FIBA untuk Indonesia Cahyadi Wanda dalam konferensi pers di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa Cinta Laura terpilih karena memiliki kriteria yang sejalan dengan FIBA.

"Kita tahu di FIBA World Cup 2023 ini FIBA punya sustainibility program yang harus dijalankan oleh negara tuan rumah. FIBA selalu ingin meninggalkan warisan dalam setiap event besar yang mereka gelar, dan Cinta figur yang sangat tepat untuk mengampanyekan soal pelestarian lingkungan ini," kata Cahyadi.

Baca juga: Raffi Ahmad jadi duta Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023

Cahyadi menyebut Cinta Laura sudah dikenal sebagai sosok yang mengampanyekan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan sehingga selaras dengan filosofi FIBA yang mulai menerapkan konsep keberlanjutan di setiap penyelenggaraan turnamen.

"Indonesia mungkin belum melihat sustainibility sebagai isu besar, tapi ini bisa menjadi awal bahwa sudah saatnya olahraga memperhatikan pelestarian lingkungan. Cinta yang terlihat dalam kegiatan tersebut tentu memiliki pengalaman banyak, dan kita bisa belajar dari dia," kata Cahyadi.

Selain itu, Cinta Laura dipilih sebagai duta piala dunia bola basket karena merupakan sosok perempuan yang mewakili dan punya pengaruh besar kepada generasi muda Indonesia.

Cinta Laura dikenal sebagai sosok yang menerapkan gaya hidup sehat sejak pertama kali kemunculannya di publik. Selain itu, Cinta juga sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan, yang merupakan salah satu misi yang diusung oleh FIBA dalam penyelenggaraan kegiatan besar mereka.

Baca juga: Tiket Piala Dunia FIBA bisa dipesan hari ini, termurah Rp100 ribu

Cinta Laura mengakui bahwa dirinya juga sudah tidak asing dengan dunia bola basket karena sangat mencintai olahraga tersebut sejak masa sekolah.

"Sejak Slsekolah sampai SMA saya main basket. Ketika pindah di New York saya juga bermain basket di lapangan umum bareng orang yang tidak kenal. Jadi, saya memiliki passion yang besar terhadap bola basket," kata aktris yang merupakan keturunan Indonesia-Jerman tersebut.

Panitia Pelaksana Piala Dunia FIBA 2023 Indoensia sengaja menjadikan Cinta Laura sebagai duta untuk menjangkau masyarakat di komunitasnya. Cahyadi menyebut Cinta Laura memiliki jangkauan masyarakat yang berbeda dengan Raffi Ahmad, sehingga bisa memperluas sosialisasi mengenai Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023