Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sehingga menjadi dasar dalam upaya siap siaga di daerah masing-masing.

Kepala BPBD Provinsi Papua William Manderi kepada Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan berdasarkan informasi BMKG wilayah V Jayapura, Papua akan masuk musim hujan hingga akhir tahun, untuk itu perlu dilakukan mitigasi guna meminimalisasi risiko bencana.

Baca juga: Antisipasi dampak El Nino, BPBD Papua harapkan ada sinergi bersama

“Pemantauan informasi dari BMKG ini sangat penting diperhatikan, baik BPBD kabupaten/kota, pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, Papua memiliki bencana hidrometeorologi, sehingga sudah seharusnya dilakukan upaya mitigasi dan pencegahannya.

“Ada beberapa daerah yang menjadi potensi longsor, banjir, pasang tinggi gelombang, sehingga ini menjadi perhatian teman-teman BPBD di daerah dan instansi teknis lainnya untuk menangani,” ujarnya.

Ia mengakui saat ini beberapa kabupaten/kota telah memiliki rambu-rambu jalur evakuasi, namun belum di sosialisasikan dengan baik, sehingga ini yang perlu didorong.

Baca juga: Antisipasi El Nino, BPBD Papua : Warga jangan membakar cegah karhutla

Baca juga: BPBD: Satu orang meninggal akibat gempa di Jayapura pukul 15.28 WIT


“Seperti jalur evakuasi di Kota Jayapura perlu di sosialisasikan, karena itu kami bersama BPBD kabupaten/kota melakukan simulasi, sehingga masyarakat bisa lebih paham dengan adanya rambu-rambu tersebut,” katanya.

Dia menambahkan apalagi saat ini setiap daerah memiliki desa tangguh, sehingga harus dimanfaatkan oleh setiap BPBD kabupaten kota agar bisa meminimalisasi dampak resiko terjadinya bencana alam.

“Kami harap setiap BPBD kabupaten menyampaikan informasi ke masyarakat terkait dampak yang akan terjadi pada setiap daerah, dengan begitu meminimalisasi risiko yang terjadi,” ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023