Jakarta (ANTARA) - Di era digital, para pelaku usaha termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar dan memaksimalkan penjualan.

Berikut ini adalah enam kiat dari para trainer Lazada University agar pelaku usaha dapat memaksimalkan potensi penjualan di era digital, sebagaimana tertulis dalam siaran pers, Kamis.

1. Tampilkan produk semenarik mungkin

Usahakan tampilan etalase produk Anda eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.

2. Perluasan wawasan tentang meningkatkan trafik penjualan di e-commerce

Anda dapat meningkatkan trafik penjual antara lain dengan menggunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait.

Lengkapi judul produk dengan merek dan/atau nama toko, tipe, seri, variasi, dan detail lainnya pada kolom deskripsi. Bisa juga menggunakan 'harga coret' dalam etalase produk yang menunjukkan bahwa produk yang Anda jual sedang promo.

Di Lazada, terdapat fitur Feed yang dapat dimanfaatkan sehingga produk dapat dilihat oleh jutaan pasang mata calon pelanggan. Anda juga dapat membagikan promo yang ditawarkan di toko melalui media sosial.

Baca juga: Kisah perjalanan Adorable Projects rintis usaha sepatu dan aksesori

Baca juga: Lazada perkenalkan transaksi QOD dengan QRIS


3. Tingkatkan ulasan positif

Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko Anda.

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkos kirim, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko Anda.

4. Manfaatkan fitur live streaming

Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur live streaming seperti LazLive di Lazada bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sambil menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk.

5. Ikuti program affiliate

Program Affiliate seperti Lazada Affiliate akan memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial atau aplikasi pesan singkat.

Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko Anda, peluang Anda mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila Anda menyebarkan link tersebut di komunitas yang sesuai dengan target pasar.

6. Jangan berhenti belajar dan berusaha

Untuk memfasilitasi para penjual dalam mengembangkan usahanya, program pelatihan Lazada University tersedia untuk semua penjual di Lazada dengan ribuan materi yang mudah diakses oleh penjual.

Sebagai informasi, dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mencapai target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Lazada menjalankan pelatihan kewirausahaan digital Naik KeLaz.

Pada Kamis, melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) menyelenggarakan pelatihan Naik KeLaz dengan konsep Training of Trainer (ToT) kepada guru SMK di Cileungsi, Jawa Barat dan sekitarnya.

Sebelumnya, Lazada juga menggelar pelatihan kepada insan vokasi baik untuk guru maupun siswa dengan menyelenggarakan Training of Trainer kepada 100 guru SMK di Jawa Barat dan pelatihan kepada lebih dari 3.000 siswa SMK di Bandung, Jawa Barat.

"Kami melihat guru sebagai sosok terpenting dalam proses mentransfer pengetahuan dan berharap ilmu kewirausahaan digital yang didapatkan melalui pelatihan ini dapat segera diteruskan kepada murid-murid dan memberikan dampak positif bagi pemberdayaan generasi muda Indonesia," ungkap Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia.

Baca juga: Sebarkan misi ramah lingkungan, kurir Lazada antar paket dengan sepeda

Baca juga: P&G Jalin Kemitraan Eksklusif dengan Lazada dan Luncurkan #HairDNA

Baca juga: Kesehatan karyawan bisa jadi faktor penentu kemajuan bisnis perusahaan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023