Hit-nya terbesar dari album, lagu "There Goes My Everything," membantu Greene menyapu penghargaan Country Music Association Awards pertama pada tahun 1967
Nashville (ANTARA News) - Musisi country Jack Greene, veteran bintang Grand Ole Opry, meninggal dunia karena komplikasi penyakit Alzheimer pada usia 83 tahun, di Nashville, Tennessee, Jumat.

Greene, yang terkenal karena suaranya yang mulus dan lagunya "There Goes My Everything," pada 1966 meninggal dalam tidurnya di rumahnya di ibu kota musik country, kata Grand Ole Opry dalam satu pernyataan.

Dikenal sebagai "Jolly Green Giant," Greene menjadi anggota Grand Ole Opry pada tahun 1967, suatu tanda status elit dalam industri musik, dan secara teratur tampil di pertunjukan panggung mingguan musik country.

Green lahir di Maryville, Tennessee, mengawali karirnya di musik country pada tahun 1962 sebagai drummer pada band Ernest Tubb, The Troubadours Texas, kemudian menjabat sebagai pembuka band.

Dia merilis single solo pertamanya, "The Last Letter," pada tahun 1964.

Penyanyi ini mencetak hit pertamanya pada tahun 1966 dengan "Ever Since My Baby Went Away" dan albumnya 1966 "There Goes My Everything" adalah album country paling top selama satu tahun penuh.

Hit-nya terbesar dari album, lagu "There Goes My Everything," membantu Greene menyapu penghargaan Country Music Association Awards pertama pada tahun 1967, memenangkan vokalis pria, album dan lagu terbaik tahun itu.

"There Goes My Everything" telah dicetak ulang lebih dari 100 kali, terutama oleh Engelbert Humperdinck dan Elvis Presley.

Versi Humperdinck mencapai nomor dua di tangga lagu Inggris.

Greene merilis sekitar selusin album antara tahun 1966 dan 1973, periode yang paling produktif. Greene menduduki puncak tangga lagu-lagu country Amerika Serikat sembilan kali dan chart album dua kali.

Kapan rencana pemakamannya belum ditentukan, kata Grand Ole Opry.
(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013