Kita kerja sama di bidang riset teknik kelautan dan lingkungan, termasuk pertukaran delegasi keilmuan
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Murdoch University Australia menjalin kerja sama dalam pengembangan riset teknik kelautan dan lingkungan.

"Kita kerja sama di bidang riset teknik kelautan dan lingkungan, termasuk pertukaran delegasi keilmuan," ujar Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas Adi Maulana di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu.

Ia mengatakan kerja sama kedua institusi ini juga mencakup pertukaran delegasi dan seminar.

Nota kesepahaman (MoU) kerja sama tersebut, lanjut dia, berlaku hingga lima tahun ke depan. Kedua institusi pendidikan tersebut ingin berkolaborasi satu sama lain untuk mendorong kemajuan pemahaman internasional, penyebaran pembelajaran, dan penguatan ikatan budaya.

Perjanjian tersebut diharapkan, kata dia, dapat menciptakan fondasi yang kuat untuk mengembangkan kolaborasi lebih lanjut.

Baca juga: Unhas-University of Hawaii Manoa kerja sama riset dan pelatihan

Sebelumnya Unhas dan Universiti Kebangsaan Malaysia  juga sepakat memperpanjang kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Rektor Unhas Jamaluddin Jompa mengatakan hubungan kerja sama antara Unhas dan Universiti Kebangsaan Malaysia sudah lama terjalin. Ia berharap perpanjangan kerja sama tersebut bisa memberikan dampak positif bagi kedua pihak.

Jamaluddin Jompa mengatakan dengan adanya kolaborasi bersama Universiti Kebangsaan Malaysia akan semakin mengokohkan komitmen Unhas dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan taraf kehidupan masyarakat dalam berbagai sektor.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan berbagai pihak, apalagi dengan sesama perguruan tinggi. Unhas selalu berupaya agar kehadirannya bisa memberikan manfaat, baik bagi masyarakat maupun bagi dunia pendidikan tinggi," ujarnya.

Baca juga: Unhas dan Universiti Teknologi Malaysia kolaborasi penelitian

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023