Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo merasa bangga atas digelarnya event lomba lari BNI Universitas Indonesia Half Marathon (BNI-UIHM) 2023 yang telah terselenggara di Kampus Universitas Indonesia (UI) pada Minggu.

“Saya sebagai alumni UI sangat bahagia bisa berdiri di sini. Saya ingat sekali terakhir berdiri di sini waktu wisuda di tahun 2012," kata Dito, dilansir dari laman resmi Kemenpora, Minggu.

"Jadi karena saya mendapat amanah sebagai Menpora maka saya berharap UI juga memperbanyak event-event olahraga dan juga event-event pemudanya," tambahnya.

BNI-UIHM adalah lomba lari persembahan dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dan BNI yang pada tahun ini mengusung tema “The Greenest & Most Sterile Route Half Marathon“ dengan menyajikan pengalaman berlari di kawasan UI yang dikelilingi hutan dan juga bebas dari kendaraan.

Ajang yang diikuti 6000 peserta ini terdapat tiga kategori jarak race yaitu 5K, 10K, dan 21k (half marathon) dengan start dan finis di Balai Sidang UI.

Untuk peserta tidak hanya dari alumni UI, tapi juga masyarakat umum yang terdiri dari individu, komunitas, dan atlet.

Dito berharap event lomba lari gagasan UI dan BNI ini dapat membuat event-event marathon di Indonesia semakin banyak dan khususnya BNI-UIHM, pria 32 tahun itu juga mengharapkan tahun depan akan berjalan lebih sukses, menghasilkan atlet-atlet lari untuk Tanah Air, dan dapat mempererat tali persaudaraan antar pencinta lari.

"Sekarang ini penyelenggaraan event-event marathon agak kurang. Bahkan para komunitas pelari dan atlet lari ini sangat rindu dengan event-event marathon. Jadi semoga ke depan lomba marathon akan semakin banyak dan khususnya untuk UI di tahun depan, lomba UI Half Marathon ini akan semakin banyak sponsornya," ucap Dito.

"Bukan sekedar adu lari, tapi juga akan lahir calon-calon pelari handal masa depan. Selain itu, ajang ini dapat menjadi ajang silaturahim para pecinta lari, menciptakan persahabatan dan persaudaraan," lanjutnya.

Tidak lupa, pria yang menjadi Menpora RI menggantikan Zainudin Amali itu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ILUNI UI dan juga sponsor utama BNI yang telah menggelar BNI-UIHM yang pada tahun ini memasuki event kelima sejak digelar pertama kali pada 2017.

"Apresiasi setinggi tingginya kepada Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) selaku panitia penyelenggara," kata Dito.

“Terima kasih kepada BNI, karena sudah mendukung UI Half Marathon. Dan untuk tahun depan BNI harus tetap mendukung penyelenggaraan UI Half Marathon," lanjutnya.

Senada, ucapan terima kasih juga diucapkan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris.

“Kami atas nama pimpinan UI mengucapkan banyak terima kasih dan juga selamat kepada ILUNI UI dan juga mitranya Bank BNI yang sudah mendukung kegiatan ini," ujar Abdul Haris.

"Event marathon ini merupakan event rutin yang dilakukan oleh ILUNI UI bekerja sama dengan BNI Dan ini menjadi acara yang kelima kalinya," tambahnya.

Baca juga: 5.500 peserta lebih siap ikuti BNI-UI Half Marathon di Kampus UI
Baca juga: Menpora Dito apresiasi acara BNI-UI half marathon 2023


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023