Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penguatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa dan Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad di Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa.

Gubernur Musa’ad menyampaikan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk menjalin kemitraan.

Baca juga: Unhas-Universitas Islam Al-Azhar kerja sama pengembangan Tridharma PT

Musa'ad menjelaskan Unhas bisa menjadi mitra strategis untuk memberikan dukungan dan bersinergi bersama Pemprov Papua Barat Daya.

Gubernur mengemukakan kerja sama yang dapat dikolaborasikan dengan Unhas di antaranya sektor pengembangan pendidikan.

Untuk itu, kata dia, diperlukan upaya berkelanjutan dan strategis. Dalam hal ini sumber daya manusia berkualitas memegang peranan penting.

Baca juga: Unhas dan Universiti Teknologi Malaysia kolaborasi penelitian

"Oleh karena itu, sangat tepat jika kami berkolaborasi dengan Unhas dengan berbagai capaian prestasi yang dimiliki untuk bersama-sama menghasilkan lulusan unggul berdaya saing dalam pengembangan berbagai bidang,” kata Musa’ad.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Jamaluddin menyambut baik kunjungan dan kerja sama yang terjalin antara Unhas dan Pemprov Papua Barat Daya.

"Unhas dengan tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dimiliki siap memberikan dukungan sesuai kapasitas yang ada," katanya.

Baca juga: Unhas-Murdoch University Australia kerja sama riset teknik kelautan

Setelah penandatangan MoU, dilanjutkan dengan diskusi bersama membahas bentuk implementasi kerja sama yang dilakukan.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023