Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto meminta pejabat administrator dan pengawas yang baru dilantik di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Barat ​​​​segera beradaptasi dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) serta lebih sigap dalam menjalankan tugasnya.

Para pejabat yang baru dilantik, kata Uus, dituntut lebih siap, sigap, berdaya saing, transparan, akuntabel dan profesional sehingga diharapkan dapat memberikan layanan publik yang lebih baik untuk masyarakat kota Jakarta.

"Para pejabat dituntut untuk berani mengambil keputusan dengan cepat, tepat dan terukur," kata Uus pada pelantikan dan pengambilan sumpah 357 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa.

Pejabat baru juga harus berani menanggung beban kerja, bertanggung jawab dan senantiasa memegang teguh integritas dengan tidak melakukan perbuatan penyimpangan sekecil apapun yang terkait norma, etika dan hukum.

"Saya berharap para pejabat agar segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru untuk dapat secepatnya menyelesaikan tugas-tugas di tempat baru," ungkapnya.

Baca juga: Wali Kota Jakbar ajak jajaran sukseskan KTT ASEAN
Baca juga: Wali Kota Jakbar imbau ASN tidak gunakan kendaraan dinas untuk mudik


Ia mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut merupakan tindak lanjut Pergub Nomor 57 Tahun 2022.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrator dan pengawas dilaksanakan sebagai tindak lanjut Pergub Nomor 57 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah," ungkap Uus.

Ia mengatakan, setiap proses pergantian, promosi dan pergeseran atau mutasi pejabat di suatu instansi pemerintah adalah kebutuhan organisasi dalam rangka percepatan penuntasan program program pembangunan di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Hingga dibutuhkan segera pengisian dan penyegaran jajaran pejabat aparatur di lingkup kota Administrasi Jakarta Barat," kata Uus menegaskan.

Kepala Suku Badan Kepegawaian Daerah Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar), M Hafiz mengatakan pejabat yang dilantik dan diambil sumpah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat sebanyak 357 pejabat administrator dan pengawas.

"Pejabat yang dilantik 357 terdiri dari eselon III dan IV. Yaitu 32 eselon III, terdiri dari Camat, Kepala Bagian (Kabag), Wakil Camat dan 325 eselon IV terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah (Sekel) dan para Kepala Seksi," ungkap dia.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023