bisa menuju ke arena AOE 2023 yang akan berlangsung pada 20-22 Juli 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten
Jakarta (ANTARA) - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) dan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 akan menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi.

“Khusus pemerintah kabupaten akan menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi. Selama kegiatan pameran berlangsung juga akan dilaksanakan business matching dengan mengundang investor luar negeri,” kata Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Sarman mengatakan AOE 2023 mayoritas diikuti oleh pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, perusahaan BUMN, swasta nasional dan UMKM.

Dengan adanya business matching melalui pameran itu. Sarman menambahkan, pemerintah kabupaten bisa berjejaring global untuk menggerakkan perekonomian di daerah melalui peluang perdagangan komoditas unggulan maupun investasi yang akan masuk ke daerah.

“Kami telah bekerjasama dengan asosiasi dagang dari luar negeri yang berkantor di Jakarta dan mereka siap mendatangkan buyer dan investor untuk mengikuti pameran ini,” kata Sarman.

Baca juga: APKASI berikan penguatan sektor ekonomi kreatif

Selain itu, Sarman mengajak masyarakat di Jakarta dan sekitarnya yang rindu kampung halaman, bisa menuju ke arena AOE 2023 yang akan berlangsung pada 20-22 Juli 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

“Kegiatan exhibition ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Selain ada aneka komoditas dan produk UMKM khas daerah, pameran juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan pentas seni dan budaya,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang akan dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin tersebut, Sarman menambahkan akan ditampilkan koleksi kain khas Nusantara yang dikemas dalam bentuk peragaan busana.

“Fashion Show Wastra Nusantara menjadi side event yang menarik untuk disaksikan, juga nanti akan ada tamu spesial Vanny Vabiola, penyanyi yang memiliki suara karakter kuat dan tinggi serta penampilan spesial dari grup band Element yang siap menghibur pengunjung pameran,” katanya.

Baca juga: Bupati Jember ajak kepala daerah kolaborasi ekonomi kreatif di Jatim

Tak hanya pameran, para peserta pameran khususnya dari Pemerintah Kabupaten juga akan diajak mengikuti kegiatan studi tiru ke Ketapang Urban Aquaculture yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sarman berharap, ada oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari acara tersebut terkait keberhasilan Pemkab Tangerang mendesain dan mengelola tempat wisata hingga menjadi viral.

“Serta kami juga menggelar Anugerah Jurnalistik Apkasi untuk ketiga kalinya sebagai apresiasi Apkasi kepada rekan-rekan jurnalis yang ikut aktif mempublikasikan upaya-upaya pembangunan di daerah dan peran pemkab dalam menggerakkan roda perekonomian di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Baca juga: Mendagri minta para bupati bangkitkan sektor UMKM dan swasta

Baca juga: Pameran Apkasi Otonomi Expo 2023 pindah ke ICE BSD


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023