Jakarta (ANTARA) – PT Krakatau Information Technology, perusahaan terafiliasi BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. resmi bekerjasama dengan Techbros Group (Techbros), ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding dan Non Disclosure Agreement. Techbros dan Krakatau Steel Grup siap bersinergi untuk pengembangan usaha dan pemanfaatan sumber daya Perusahaan. Penandatanganan ini dilakukan di Ruang Meeting Krakatau IT, Gedung Krakatau Steel, Jakarta Selatan pada 17 Juli 2023, dihadiri oleh Budi Tjandra Negara President Director Krakatau IT, Buana Jaya Director Krakatau IT, Afriyadi Sauqi Head of Legal Krakatau IT, Indira Rawiyakhirty Manager Corporate Communication & Investor Relation PT Krakatau Steel (Persero), Tbk., serta Co-Founder & Chief Technology Officer Techbros Group Hadi Ismanto, Technical Project Manager Techbros Group Yosua Hutapea, dan Celvia Perangin- Angin Operational Manager Techbros for Indonesia. Kerjasama ini berfokus dalam implementasi solusi teknologi Techbros (seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, Computer Vision, dan lain-lain) dalam membantu monitoring operasional perusahaan Krakatau Steel.

“Masuk dalam era digital dan otomatisasi, ini adalah momen yang pas dalam kita memaksimalkan implementasi teknologi seperti IoT dan AI dalam operasional Krakatau Steel. Terdapat beberapa potensial use case dari kami, sehingga harapannya dengan adanya kerjasama ini mampu merealisasi rencana Krakatau IT dalam penyusunan dokumen teknis, pengembangan, dan implementasinya,” pungkas Budi Tjandra Negara dalam sambutannya. Hadi Ismanto menyebutkan dalam sambutannya, Techbros sangat menyambut baik kesempatan kerjasama bersama Krakatau IT. ”Techbros adalah technology company dengan expertise dan services di bidang telecommunication, data science and analytics, internet of things, serta artificial intelligence. Kita berperan sebagai jembatan antara industri dan teknologi dalam merealisasikan digitalisasi. Pertemuan kita yang bermulai pada perjumpaan di Hannover Messe 2023 ini harapannya dapat terus berlanjut dan dapat bersama-sama memajukan industri Indonesia,” lanjut Hadi Ismanto dalam sambutannya.

Sebagai informasi, PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dengan business services pada bidang transformasi digital, enterprise solution, dan IT Infrastructure. Dalam pertemuan tersebut, Techbros menjelaskan beberapa real use case atau project yang tengah dilaksanakan, di antaranya Face Recognition Attendance System, Weight Detection System for Animals, Plant Disease Detection System, Wild Boar Pest Detection System, dan License Plate Recognition. Beberapa use case tersebut diimplementasikan dalam beberapa project, salah satunya dalam program Food Estate Humbang Hasundutan bersama dengan Pemerintah Indonesia. “Dengan adanya kerjasama ini, harapannya kita dapat bersinergi dengan maksimal dan saling mendukung karena hal ini mampu menjadi awal yang baik bagi kita dan bagi bidang teknologi Indonesia,” ungkap Budi Tjandra Negara sebagai penutup pertemuan. Kerjasama ini merupakan sebuah langkah yang membuktikan kemajuan pada bidang teknologi dan telekomunikasi Indonesia, karena inovasi yang dihadirkan mampu menjadi penanda bahwa Indonesia sudah mampu bertumbuh sejauh ini. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023