Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, secara resmi melaksanakan gerakan nasional (Gernas) pembagian bendera merah putih ke masyarakat dalam gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara nasional tahun 2023.
 
"Ini menyongsong bulan Agustus, Hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kita ingin bahwa seluruh masyarakat di Kota Banjarmasin dipastikan punya bendera Merah Putih," ujar Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor di Banjarmasin, Kamis.
 
Arifin menyerahkan secara simbolis bendera merah putih ke masyarakat di wilayah RT 05 dan 06 Kelurahan Seberang Mesjid Banjarmasin Tengah pada hari ini, tanda dimulai secara gerakan nasional pembagian bendera merah putih.
 
Menurut dia, Pemkot Banjarmasin bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota setempat untuk menyalurkan pembagian bendera ini ke masyarakat.

Baca juga: Pemprov Kalsel dukung gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih 

Baca juga: Kemendagri luncurkan gerakan 10 juta bendera di Lhokseumawe
 
Dia pun menghimbau masyarakat agar pada bulan Agustus 2023, seluruh rumah memasang bendera merah putih untuk menunjukkan rasa cinta tanah air dan membesar hari kemerdekaan yang ke-78.
 
Menurut dia, pemerintah membantu, khususnya masyarakat yang kurang mampu mendapatkan bendera sang saka merah putih, pada gerakan nasional ini.
 
Pembagian ribuan bendera merah putih juga akan dilakukan seluruh instansi di pemerintahan kota agar tersebar merata ke masyarakat.
 
"Kita harap pada Agustus nanti bendera merah putih berkibar di mana-mana, utamanya di depan rumah warga," ujar Arifin.
 
Kota Banjarmasin, ungkap dia, tidak hanya membagikan bendera merah putih secara gratis, namun juga mencanangkan Kampung Merah Putih (Kamarateh).
 
Kampung Merah Putih yang sudah dibentuk berada di Jalan Cengkeh dan Jalan Ar-Rahman, Sungai Andai, Banjarmasin Utara, diresmikan pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.
 
Kampus Merah Putih ini akan terus dibentuk di lokasi lainnya sesuai gerakan masyarakat sendiri.
 
Dengan semua ini, tentunya tujuannya sama, masyarakat Kota Banjarmasin selalu bersatu menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia serta menjaga ketertiban di wilayah masing masing.
 
"Kita bersatu jaga NKRI kita untuk menjadikan pembangunan yang lebih baik lagi di masa akan datang," demikian kata Arifin.*
   

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023