Jakarta (ANTARA) - Trofi Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia akan memulai tur "keliling Indonesia" dari Kota Solo dengan melintasi sejumlah ikon Kota Surakarta tersebut selama dua hari pada 29-30 Juli sebelum mengunjungi kota lain.

"Saya senang trofi tur perdana ini berangkat dari Solo. Ada beberapa titik landmark Kota Solo yang bisa menjadi opsi untuk pelaksanaan acara agar acaranya banyak bisa dikunjungi oleh masyarakat. Kami juga akan membantu dari segi perizinan dan apa pun yang terkait dengan trofi tur ini dan saya akan hadir pada saat peluncuran," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia berharap Piala Dunia FIBA 2023 ini tidak hanya bisa dinikmati oleh pecinta basket saja, tetapi juga masyarakat Solo khususnya, agar bisa merasakan giat dari kegiatan trofi tur yang akan berlangsung selama dua hari ini.

"Rute nanti akan kami sampaikan sehingga masyarakat bisa antusias ikut berfoto dengan trofi ini," katanya.

Baca juga: Erick Thohir pastikan Indonesia siap sambut pebasket dunia
Baca juga: IADO dan PHI-NADO tangani kontrol doping pada Piala Dunia FIBA 2023


Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Lokal (LOC) Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa rencananya trofi ini akan keliling di tujuh tempat ikonik di Kota Solo. Ini merupakan rangkaian panjang dari kegiatan trofi tur Piala Dunia FIBA 2023 di seluruh dunia yang sudah dimulai sejak 2 Mei 2023 di Suzhou Cina, hingga 15 Agustus 2023 yang akan berakhir di Filipina.

"Di Indonesia, ada tiga kota yang akan dilalui trofi tur ini. Solo, Bali, Surabaya, dan terakhir di Jakarta. Acara utamanya adalah trofi tur, menunjukkan piala yang akan diperebutkan. Masyarakat bisa melihat secara langsung dan berfoto," kata Junas.

"Bukan hanya itu, nantinya juga akan kegiatan lainnya, kami juga akan mengundang komunitas-komunitas lainnya di Solo untuk turut memeriahkan kegiatan ini," katanya.

Trofi Piala Dunia FIBA 2023 akan tiba di Indonesia pada 28 Juli mendatang setelah berkeliling di Jepang. Indonesia akan menjadi tuan rumah penyisihan Grup G dan H dengan delapan negara yang akan bertanding pada 25 Agustus hingga 3 September 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Negara-negara yang tergabung di Grup G adalah Iran, Spanyol, Pantai Gading dan Brasil. Sementara di Grup H dihuni oleh Kanada, Latvia, Lebanon dan Prancis.

Baca juga: "Basketball Meet Up" gaungkan Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: FIBA tak temukan cela di Indonesia Arena

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023