Tangerang (ANTARA) - Merinding, terharu dan bahagia. Itulah perasaan Nia, salah satu penggemar yang menyaksikan penyanyi idola K-pop Taeyeon membawakan lagu "Fine" dalam
penampilan solo perdana di Indonesia, dengan tajuk "THE ODD of LOVE" di ICE BSD City, pada Sabtu (22/7).
 
Kala itu, Taeyeon selama sekitar 20 detik bernyanyi tanpa iringan musik dan bahkan suara para penggemarnya yang menjerit atau ikut melantunkan lirik, karena fokus ingin mendengar suara sang idola.
 
Nia termasuk sosok yang menantikan "Fine" dibawakan secara langsung karena lagu ini menjadi salah satu favoritnya.
 
Hendri setali tiga uang dengan Nia. Dia juga merinding mendengar nyanyian Taeyeon tanpa iringan musik. Menurut dia, suara merdu sang idola tak perlu diragukan lagi, terlebih saat didengarkan secara langsung.
 
"Fine" menjadi bagian dari album pertama Taeyeon berjudul "My Voice" yang dirilis tahun 2017. Dalam video musik lagu ini Taeyeon terlihat sebagai sosok yang patah hati.
 
Ini sebenarnya menjadi lagu yang Taeyeon bawakan menjelang akhir konser "THE ODD of LOVE in Jakarta", selain "Drawing Our Moments", "I" dan "Spark".

Dia sebelumnya sudah membuat para penggemar atau disapa SONE histeris sejak awal penampilannya, yakni saat membawakan "INVU" yang menjadi lagu utama dalam album penuh ketiga berjudul sama dan dirilis tahun lalu.
 
Berbalut dress panjang berwarna hitam, dia muncul di atas panggung dan perlahan melantunkan lirik lagu yang judulnya berasal dari kalimat "I envy you" atau "aku iri padamu" itu.
 
Lagu pop dance ini memiliki nuansa emosional, seperti liriknya yang menggambarkan seseorang mencoba bersikap tenang dan kuat padahal terluka oleh cinta. Tak ada koreografi yang Taeyeon hadirkan karena dia fokus pada nyanyianya.
 
Rasanya jeritan penggemar masih cukup kencang, tetapi Taeyeon melanjutkan penampilan dengan membawakan lagu "Can't Control Myself," "Some Nights" dan "Set Myself on Fire".
 
Taeyeon kemudian berganti pakaian, kali ini atasan dan bawahan serba merah untuk membawakan "Siren" dan "Cold as Hell", yang disertai koreografi bersama para penari.
Penyanyi asal Korea Selatan Taeyeon tampil di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (22/7/2023). Konser bertajuk The ODD of Love yang dipromotori oleh Dyandra Global itu, Taeyeon membawakan sejumlah lagu diantaranya INVU, Some Nights dan Set Myself On Fire. ANTARA FOTO/Fauzan
Usai bernyanyi lima lagu dia menyapa para penggemar. Dia mengatakan, "Halo aku Taeyeon, apa kabar semua? Senang bertemu kalian semua. Sudah lama tidak berjumpa di Jakarta ya?"
 
Taeyeon sempat melepas monitor telinganya untuk mendengar suara para SONE dan terkejut setelah mengetahui antusiame mereka. Dia lalu berterima kasih karena para penggemar telah menyambutnya dengan luar biasa.
 
"Aku enggak tahu SONE sebanyak ini di Indonesia. Juga panasnya luar biasa, semangatnya. Kalian menunggu lama sekali ya?" kata pemimpin grup idola SNSD atau dikenal juga sebagai Girls' Generation itu.
 
Setelah menyapa sesaat penggemar yang sudah menanti konser solonya, Taeyeon melanjutkan bernyanyi sejumlah lagu, seperti "Heart", "Toddler", "No Love Again", "You Better Not", "To the Moon", "My tragedy", "Better Babe" dan "Four Seasons".
 
Tak melulu suasana sentimentil atau sendu, Taeyeon juga memimpin panggung dengan lagu-lagu ceria dan membangkitkan semangat, seperti "Weekend", yang dipadukan dengan koreografi ceria.
 
Sesekali dia juga mengarahkan mik pada penggemar, membiarkan mereka bernyanyi, salah satunya saat membawakan "Playlist".
 
Kala itu dia mengaku tubuhnya terasa sangat prima, padahal sehari sebelumnya melakukan perjalanan udara dari Korea Selatan selama sekitar delapan jam.
 
"Semua karena banyak pihak yang membantuku untuk mewujudkan konser hari ini dan bisa menikmati bersama SONE," kata dia.
 
Dalam salah satu sesi bincang, Taeyeon sempat membahas tentang pisang yang dia santap menjelang konser, mencoba berkata "Jakarta SONE unyu", hingga keinginannya berlibur ke Jakarta, alih-alih semata bekerja.
 
Taeyeon sempat meluangkan waktu untuk melakukan kontak mata dengan para penggemar di berbagai sisi panggung dan menikmati momen itu.
 
Dia berjalan ke kanan dan kiri panggung dan terkejut melihat banyaknya penggemar yang hadir.
 
Saat itulah dia juga menemukan salah seorang penggemar yang mengenakan kostum pisang. Dia lalu memberikan jempol tangan pada sang penggemar.
 
Dia juga mendapat hadiah dari penggemar berupa nyanyian "All About You" yang merupakan salah satu lagu tema dalam drama "Hotel del Luna". Mendengar nyanyian itu, dia melontarkan pujian dengan berkata "terbaik" dan terharu.
 
Taeyeon mengaku benar-benar menikmati konser saat itu dan bahagia mengetahui para penggemar merasakan hal sama.
 
Menjelang akhir konser, Taeyeon mengatakan tidak akan melupakan cinta dari penggemar dan akan berusaha keras untuk membuat lagu dan album yang lebih baik lagi.
 
"Ending Credits" mengalun sekitar pukul 16.30 WIB, pertanda konser yang digelar sekitar dua jam itu harus segera berakhir. Usai bernyanyi, dia pamit pada SONE sembari melambaikan tangan.
 
Sang penyanyi sebelumnya menggelar konser serupa di Seoul, Korea Selatan, selama dua hari, yakni 3 hingga 4 Juni 2023 dan dihadiri sekitar 18.000 orang, termasuk empat rekannya di Girls' Generation, yakni Yoona, Sooyoung, Hyoyeon, dan Tiffany.
 
Ini menandai konser solo pertamanya dalam hampir tiga setengah tahun sejak konser solo terakhirnya bertajuk “THE UNSEEN" pada Januari 2020.
 
Selain di Seoul, Taeyeon juga sempat menggelar konser "THE ODD of LOVE" di Hong Kong, Taiwan, dan Jepang.

 

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023