Apkasi sudah mulai memikirkan bagaimana pengembangan ekonomi wilayah dalam konteks menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru
Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menekankan peran penting investasi sebagai instrumen untuk menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Bahlil memuji Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang menggelar  Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten,
sebagai upaya mendorong terciptanya kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

“Saya harus mengapresiasi secara sungguh-sungguh terhadap kegiatan ini, karena Apkasi telah melakukan transformasi tidak hanya pada konteks pelayanan publik dalam perspektif administrasi yang lazim dan secara kontinyu pelayanan lakukan di daerah, tetapi Apkasi sudah mulai memikirkan tentang bagaimana pengembangan ekonomi wilayah dalam konteks menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru,” kata Bahlil dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dalam sambutan di acara penutupan AOE 2023 itu, Bahlil menyampaikan perkembangan investasi, di mana pertumbuhan investasi dari tahun ke tahun semakin baik. Ia menyebutkan capaian realisasi investasi pada 2021 dan 2022 berhasil melewati target yang ditetapkan Presiden.

“Pak Presiden memerintahkan kepada kita di 2023 realisasi investasi sebesar Rp1.400 triliun, karena ini sebagai syarat pertumbuhan ekonomi kita bisa terjaga di atas 5 persen. Angka investasi ini di luar hulu migas dan di luar sektor keuangan. Alhamdulillah sampai hari ini sudah tercatat mencapai Rp678,6 triliun atau 58,5 persen,” ujarnya saat menutup AOE 2023 di Hall 3 ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (22/7).

Baca juga: Investasi UMKM capai Rp138,8 triliun sepanjang semester I 2023

Baca juga: BKPM catat investasi semester I 2023 serap 849 ribu tenaga kerja


Bahlil juga menjelaskan sejak Indonesia merdeka hingga triwulan III 2020, investasi selalu didominasi di Pulau Jawa. Atas perintah Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia sentris, kini investasi di luar Jawa telah jauh lebih unggul dibandingkan investasi di Pulau Jawa.

“Saya ubah kebijakan sejak 2020 kuartal ketiga sampai 2023 kuartal kedua, alhamdulillah investasi di luar Pulau Jawa sudah lebih besar ketimbang yang di Pulau Jawa, sekarang sudah 53 persen,” katanya.

Bahlil pun menegaskan investasi harus diurus dengan baik karena merupakan instrumen untuk untuk menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kalau hanya berharap dari Dana Anggaran Umum (DAU) itu berapa sih, DAU sudah di-ploting untuk kesehatan untuk desa dan urusan lainnya, sehingga ruang fiskal bupati makin sempit. Sehingga perlu dibangun PAD-nya yang kuat, PAD yang kuat hanya satu syaratnya, yakni investasi harus diurus dengan baik, ini kuncinya,” tegasnya.

Terakhir, Bahlil mengapresiasi Apkasi yang telah menyelenggarakan pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI) 2023 dan mengusulkan agar Juara POI bisa magang di Kementerian Investasi untuk mendorong mereka mendukung penciptaan dunia usaha baru.

“POI ini bisa menjadi Menteri Investasi dua hari kalau perlu, nanti bisa disimulasikan saya sebagai tamu agar para Putri ini ada pengetahuan bagaimana seorang menteri harus mengurusi investor. Saya pikir ke depan harus kita dorong anak-anak kita, generasi muda kita untuk menjadi entrepreneur dalam rangka menciptakan usahawan baru yang kelak menjadi pelaku ekonomi yang akan menjaga kedaulatan bangsa kita,” tambahnya.

Sebelumnya Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi, Joune J.E. Ganda, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pihak-pihak yang terlibat kegiatan pameran, eksibisi dan rangkaian kegiatan lainnya dalam AOE 2023. 

Bupati Joune mengatakan AOE 2023 melibatkan sebanyak 172 peserta, terdiri dari 131 Pemerintah Kabupaten, 2 Kementerian, 6 dari kalangan swasta, sebanyak 23 dari sektor UMKM dan 10 dari kalangan media, seluruh peserta menempati 287 stand.

“Data pengunjung, hingga Sabtu, 23 Juli 2023, pukul 14.00 wib, tercatat total 10 ribu  pengunjung. Terdiri dari masyarakat umum dan dari kalangan pengusaha dan investor,” kata Bupati Joune.

AOE 2023 juga dirangkai business matching yang mempertemukan  calon buyers dan investor dengan daerah, juga Fashion Show Wastra Nusantara, dan pertunjukan musik. Sedangkan field trip dilaksanakan untuk mengajak peserta AOE 2023 melihat secara langsung praktik usaha terbaik dari suatu program pemerintah kabupaten yakni Ketapang Urban Aquaculture yang berada di Mauk Kabupaten Tangerang.

Kemudian Anugerah Jurnalistik Apkasi digelar sebagai apresiasi kepada para jurnalias yang telah ikut aktif mempublikasi liputan tentang pembangunan di daerah. 

Pewarta ANTARA, M. Fikri Setiawan berhasil menyabet Juara 3 Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2023 untuk kategori media daring.

Berikut daftar pemenang Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2023:

AJA 2023 Kategori Media Cetak:

Juara 1: Dari Desa Tertinggal Menjelma Jadi Desa Mandiri oleh Lilik Darmawan (Media Indonesia)

Juara 2: Menanti Lompatan Kedua Labuan Bajo oleh Fransiskus Pati Herin (Harian Kompas)

Juara 3: Kopi Mesir Yang Laris di Eropa Itu Pun Rempahnya Dari Indonesia oleh Moh. Hilmi Setiawan (Jawa Pos)

AJA 2023 Kategori Media Daring:

Juara 1: Derap Langkah Industri Kulit Garut Ke Panggung Dunia oleh Yudha Maulana (Detik.com)

Juara 2: Dorong Beras Porong Shirataki Madiun Bersaing di Pasar Global oleh Budi Nugraha (Suara Merdeka.com)

Juara 3: Membangun Ekonomi di Kaki Gunung Salak oleh M. Fikri Setiawan (Antaranews.com).

Baca juga: Punya pasir kuarsa, Bahlil sebut RI jadi penyuplai panel surya dunia

Baca juga: Produsen kaca dunia asal China bangun hilirisasi pasir kuarsa di Batam


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023