Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk berkolaborasi mempercepat realisasi digitalisasi desa di Indonesia.

Menurutnya dengan digitalisasi di tingkat desa yang lebih cepat terealisasi nantinya dapat memudahkan penyebaran informasi mengenai pembangunan desa secara cepat.

“Pembangunan infrastruktur digital di desa-desa harus kita wujudkan, supaya tidak ada lagi yang tertinggal. Jangan sungkan-sungkan berkoordinasi dengan Kominfo dan akan kita support. Bilang saja langsung ke saya. Kalau bisa kita adakan, kita percepat,” kata Budi dalam Serah Terima Jabatan dengan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Jakarta Selatan, Senin.

Pesan itu disampaikan Budi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) kepada Paiman Raharjo yang menggantikannya.

Baca juga: Menkominfo tegaskan fokus kerja selesaikan berbagai persoalan

Bersamaan dengan itu, ia mengapresiasi kerja sama dan dukungan civitas Kemendes PDTT selama hampir empat tahun terakhir mengemban tanggung jawab sebagai Wamendes PDTT.

Lebih lanjut, Budi mengatakan dirinya juga masih akan mendorong pembangunan desa meski saat ini sudah berada di Kementerian berbeda.

Ia berkomitmen untuk mendorong pembangunan desa dari segi pembangunan infrastruktur digital untuk menunjang telekomunkasi dan harapannya program tersebut dapat tetap berjalan dengan sinergi yang baik dengan Kemendes PDTT.

“Karena salah satu kemajuan desa dilihat dari akses internet. Desa dikatakan maju, mandiri, karena sudah memiliki konektivitas telekomunikasi yang memadai. Karena itulah, saya berharap mudah-mudah kerja sama antara Kementerian Kominfo dengan Kemendes PDTT terus berlanjut,” kata Budi.

Kemekominfo nantinya tidak hanya terbuka berkolaborasi dengan Kemendes PDTT untuk infrastruktur digital tapi juga dalam hal pengembangan para talenta untuk menciptakan pembangunan desa yang berkualitas.

Ia mengajak talenta Kemendes PDTT untuk tidak ragu meminta program pengembangan kapasitas digital dan teknologi dari Kemenkominfo sehingga dapat menambah kapabilitas menjadi SDM unggul bagi bangsa.

“Kominfo memiliki sejumlah peralatan lengkap yang berkaitan dengan teknologi, sehingga hal ini bisa menjadi acuan bagi civitas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” tambah Budi.

Adapun kegiatan serah terima jabatan Wamendes PDTT berlangsung sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 32 Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Proses serah terima jabatan itu disaksikan langsung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Baca juga: Menkominfo sampaikan progres terbaru seleksi Dirut BAKTI

Baca juga: Kemenkominfo minta pendampingan Kejagung untuk lanjutkan proyek BTS

Baca juga: Menkominfo komitmen dukung potensi anak bangsa wujudkan Indonesia Maju

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023