London (ANTARA) - Barbie" meraup sekitar 18,5 juta pound (Rp356,6 miliar), sedangkan "Oppenheimer" menangguk 10,9 juta pound (Rp210,1 miliar) dalam box office akhir pekan di Inggris dan Irlandia, kata Screen International pada Senin.

Ini untuk pertama kalinya dua film dibuka dengan masing-masing meraup pemasukan lebih dari 10 juta pound (Rp192,7 miliar).

Dalam pertarungan antara kedua film yang dalam media sosial disebut "Barbenheimer" itu, tiket kedua film tersebut laris terjual di seluruh negeri. Banyak penikmat film yang datang berduyun-duyun ke bioskop sambil mengenakan pakaian warna pink guna meniru boneka plastik tersebut.

Kedua film tersebut memberikan dorongan yang amat dibutuhkan bioskop-bioskop setelah banyak film yang diputar tahun ini sebelumnya tak berhasil meraup pemasukan besar.

Greta Gerwig, yang menyutradarai "Barbie", memecahkan rekor pemasukan terbesar dari penayangan perdana film yang disutradarai seorang wanita.

"Oppenheimer" yang dibintangi aktor Irlandia Cillian Murphy sebagai ilmuwan Amerika yang membuat bom atom, juga mempersembahkan pemutaran perdana akhir pekan yang terbesar kedua di Inggris bagi sutradara Christopher Nolan.

Operator sinema Vue International mengaku menikmati akhir pekan terbesarnya sejak "Avengers: Endgame" tayang perdana pada 2019, dengan "Barbie" berada di jalur menjadi film terbesar sepanjang 2023.

"Barbie", yang dibintangi Margot Robbie, juga diputar di bioskop-bioskop AS dan Kanada, dengan perkiraan pemasukan mencapai 155 juta dolar AS (Rp2,32 triliun) untuk mencetak rekor pembukaan domestik terbesar pada 2023.

Angka pemasukan box office akhir pekan yang dikeluarkan British Film Institute baru akan dirilis Rabu pekan ini.

Sumber: Reuters
Baca juga: "Barbie" rajai box office dengan 155 Juta dollar AS di akhir pekan
Baca juga: Perusahaan ritel meraup untung dari pesona film Barbie
Baca juga: Belajar menjadi diri sendiri dari film "Barbie"

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023