menciptakan ikatan persahabatan yang erat antara Indonesia dan Korea Selatan
Ambon (ANTARA) - King Sejong Institute melalui Korean Food Promotion Institution memperkenalkan kuliner sebagai upaya mempererat hubungan internasional Korea selatan dan Indonesia di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

Korean Food Promotion Institution menghadirkan demo masak sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan budaya Korea, khususnya makanan tradisional yang kaya akan cita rasa, kata Rektor IAKN Ambon, Yance Rumahuru.

"Para peserta diajak merasakan sensasi hidangan khas Korea seperti bulbogi (daging panggang), topoki (makanan dari tepung beras), bimbibab (nasi campur dengan sayuran dan daging)," katanya di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan demo masak bernuansa budaya ini penting untuk memperkaya wawasan dan keanekaragaman budaya di lingkungan kampus.

Kegiatan ini juga menjadi momentum berharga dalam mengenalkan budaya Korea di IAKN Ambon, diharapkan semangat kerja sama dan kebersamaan yang terjalin diharapkan dapat memperkuat hubungan antarbangsa serta memberikan nilai tambah bagi pembelajaran dan pengalaman para mahasiswa dan ASN di IAKN Ambon.

Baca juga: Menjajal hidangan kaki lima khas Korea Selatan di Hot Oppa
Baca juga: Resep beef bulgogi ala Saori


Upaya mengenal budaya Korea melalui kuliner, diharapkan mahasiswa dan seluruh civitas akademi IAKN Ambon dapat lebih memahami dan menghargai perbedaan antar bangsa.

Rektor menyampaikan apresiasi kepada King Sejong Institute Ambon yang telah berperan aktif dalam mengenalkan budaya Korea di kampus IAKN Ambon.

"Kehadiran institusi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari bahasa, sastra, dan budaya Korea, sehingga menciptakan ikatan persahabatan yang erat antara Indonesia dan Korea Selatan," ujarnya.

Demo masak menghadirkan chef asal Korea Selatan memperagakan teknik memasak dan rahasia bumbu-bumbu khas yang membuat masakan Korea begitu istimewa.

Para peserta acara termasuk Rektor dan pimpinan di lingkungan IAKN Ambon antusias untuk mencicipi setiap masakan yang dihidangkan.

King Sejong Institute sebelumnya telah membuka pelatihan bahasa sekaligus mengenalkan budaya Korea bagi warga Kota Ambon, Maluku atas kerja sama dengan Pemerintah Korea Selatan dan IAKN Ambon.

Baca juga: Lima fakta di balik popularitas jajanan khas Korea
Baca juga: Saladstop! sajikan menu berbau Korea dan umumkan sertifikasi halal MUI
Baca juga: Jajanan kaki lima Korea untuk wisata kuliner di rumah

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023