Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 19 pebalap Indonesia siap bersaing di panggung balap motor Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 putaran keempat, yang perdana digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada 11-13 Agustus.

Deputi Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Eddy Saputra mengatakan, keikutsertaan belasan pebalap nasional di ajang balap kelas internasional tersebut diharapkan dapat memupuk kepercayaan diri talenta balap Indonesia hingga bisa naik menuju kelas balap yang lebih bergengsi seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

“Ini adalah sebagai ajang untuk bisa memberikan pengalaman baru bagi pebalap muda untuk berprestasi di tingkat internasional,” kata Eddy saat dijumpai di Jakarta, Kamis.

Adapun ARRC kembali hadir di Indonesia setelah terakhir diselenggarakan pada tahun 2018. ARRC 2023 sendiri akan dibagi menjadi empat kelas, yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150).

Baca juga: Fadly dan Rozi targetkan kemenangan pada ARRC perdana di Mandalika

Dengan kerja sama yang sudah ditetapkan agar ARRC tetap bergulir di Sirkuit Mandalika hingga setidaknya tahun 2025, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono berharap ajang tersebut bisa senada dengan pengembangan talenta balap nasional serta semakin kuatnya ekosistem pariwisata berbasis sportainment di kawasan Mandalika yang bisa menggerakkan roda ekonomi daerah di Nusa Tenggara Barat.

Event seperti ini menjadi upaya untuk terus menghidupkan KEK Mandalika yang pada akhirnya akan memberikan multiplier effect terhadap ekonomi lokal di kawasan KEK Mandalika seperti akomodasi, transportasi, UMKM, penyediaan lapangan kerja, dan sebagainya,” kata Maya.

“Acara ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami dalam memajukan sektor pariwisata melalui event-event berkelas internasional. Kejuaraan ARRC 2023 akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penonton dan juga dapat mengenalkan kawasan The Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik,” imbuh Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

Untuk menyaksikan ARRC 2023 secara langsung di Mandalika, pembelian tiket dapat dilakukan melalui situs resmi themandalikagp.com.

Tiket ARRC 2023 dibagi menjadi kategori Premium Grandstand A dan B dengan harga Rp100 ribu, Deluxe Class Rp2 juta, dan Premiere Class Rp2,5 juta.

Baca juga: Mandalika Racing Series ajang tolok ukur pebalap muda jelang ARRC

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023