Jakarta (ANTARA) - Setiap potongan steak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan ternyata tiga jenis potongan daging lebih terjangkau berikut ini adalah yang terbaik jika mencari sesuatu yang lebih terjangkau namun tetap terasa lezat saat dimasak dengan benar.

Bagi pecinta steak yang sedang berhemat, tak lagi perlu merogoh kantung dalam-dalam untuk membeli tenderloin atau fillet mignon. Berikut tiga pilihan potongan daging yang lebih terjangkau untuk steak.

Baca juga: Kunci memasak daging steak yang "juicy"

1. Flat Iron Steak
"Pilihan ramah anggaran yang bagus adalah flat iron steak, diambil dari area bahu sapi, dan meski mungkin tidak selembut fillet mignon, rasanya tetap memiliki potensi rasa yang luar biasa,” kata salah satu pendiri The Halal Butchery, Asim Choudhry, dilansir Eatthis, Sabtu waktu setempat.

Dengan teknik memasak yang tepat dan “resting” atau mendiamkan sesaat steak setelah matang, akan memungkinkan jus didistribusikan kembali ke dalam daging, potongan ini menjadi empuk, berair, dan penuh dengan rasa.

2. Hanger Steak
Potongan steak lain yang terjangkau dan nikmat adalah Hanger Steak, yang juga dikenal sebagai “butcher’s cut”.

Potongan ini berasal dari otot diafragma dan menawarkan rasa daging yang kuat. Hanger steak juga merupakan contoh utama dari pilihan yang beraroma dan terjangkau.

Saat dimasak dengan tingkat kematangan medium-rare atau medium dan diiris tipis berlawanan dengan uratnya, ia mampu menawarkan pengalaman yang lembut dan meleleh di mulut, menyaingi potongan yang lebih mahal.

3. Prime skirt steak
Prime skirt steak adalah potongan tipis yang sering ditemui pada hidangan seperti steak sandwich, dan meskipun lebih tipis dan lebih murah daripada potongan lainnya, rasanya tetap penuh.

"Saya suka menggunakan prime skirt steak sebagai potongan daging di rumah karena harganya terjangkau dan rasanya selalu enak jika dimasak dengan cara yang benar," kata koki eksekutif LT Hospitality, Laurent Tourondel.

Diambil dari bagian otot diafragma pada bagian bawah pelat pendek, skirt adalah potongan yang paling cocok untuk mereka yang mengutamakan rasa dibandingkan dengan kelembutan.

Baca juga: Menu Chicken BBQ Grill buat Waroeng Steak raup omset fantastis

Baca juga: Tips memilih hingga mengolah daging sapi untuk dijadikan "steak"

Baca juga: Justus Steakhouse kini hadir di Alam Sutera, Tangerang


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023