Masyarakat dapat membeli paket sembako ini mulai 28 Juli sampai 1 Agustus 2023 selama Palangka Raya Fair.
Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyiapkan 1.500 paket bahan pangan murah selama pergelaran Palangka Raya Fair 2023.

"Setiap hari kami siapkan 300 paket sembako. Masyarakat dapat membeli paket sembako ini mulai 28 Juli sampai 1 Agustus 2023 selama pergelaran Palangka Raya Fair dilaksanakan," kata Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal, di Palangka Raya, Minggu.

Harga paket sembako bersubsidi yang akan dijual pada operasi pasar ini terdiri dari beras 5 kg, gula 2 kg, dan minyak goreng kemasan isi ulang 2 liter dijual hanya dengan harga Rp100 ribu/paket. Dijual per harinya setiap pukul 15.00-17.00 WIB.

Dia mengatakan, paket sembako yang dijual di Palangka Raya Fair ini diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu atau Rumah Tangga Miskin (RTM) dan tidak termasuk ASN, TNI/Polri. Hal ini bertujuan guna meringankan beban kepada masyarakat RTM untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Untuk itu, Samsul mengimbau seluruh warga RTM di Kota Palangka Raya dapat memanfaatkan operasi pasar di Palangka Raya Fair untuk berbelanja kebutuhan pokoknya. Harga yang diberikan lebih murah dari harga di pasaran karena telah disubsidi oleh pemerintah.

Sedangkan untuk persyaratan pembelian paket sembako tersebut, masyarakat penerima manfaat cukup melampirkan fotokopi KTP dan wajib mengisi logbook yang sudah disediakan pihaknya.

Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah menambahkan, Palangka Raya Fair ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari jadi ke-58 Pemerintah Kota Palangka Raya dan hari jadi ke-66 Kota Palangka Raya.

Sebanyak 320 pelaku usaha serta 36 instansi yang berkedudukan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalteng memeriahkan acara tersebut.

"Saya berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat dan beraktivitas di lokasi Palangka Raya Fair 2023 ini untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan serta kebersihan, sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Palangka Raya," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, di Palangka Raya, Jumat malam.

Palangka Raya Fair 2023 yang dipusatkan di halaman Gedung Olahraga (GOR) indoor serbaguna Jalan Tjilik Riwut ini diikuti peserta terdiri dari dinas, badan, dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Kemudian Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, unsur perbankan, perguruan tinggi, Dekranasda Palangka Raya, pelaku UMKM dan PKL di kota setempat.

"Pameran Palangka Raya Fair 2023 ini juga sebagai media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah," kata Hardiansyah yang akrab disapa Ado ini pula.
Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan kolaborasi dalam penanganan stunting
Baca juga: Cegah abrasi, Pemkot Palangka Raya tanam 935 pohon di DAS Kahayan

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023