Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato kandas pada babak pembuka ganda Mubadala Citi DC Open di Washington, AS, Senin waktu setempat.

Mereka kalah dari pasangan Ukraina non-unggulan kakak beradik Lyudmyla Kichenok/Nadiia Kichenok dengan 4-3, 6-6, menurut catatan WTA.

Aldila/Kato menempati unggulan keempat dalam turnamen ATP dan WTA 500 yang digelar pada 29 Juli hingga 7 Agustus itu.

Ajang tersebut merupakan tempat kembalinya Aldila setelah mengukir prestasi di Wimbledon awal Juli. Bersama Kato, Aldila melangkah hingga 16 besar dan petenis berusia 28 tahun itu berhasil menjejakkan kaki di semifinal ganda campuran.

Berpasangan dengan petenis Belanda Matwe Middelkoop, Aldila mencetak sejarah di All England Lawn Tennis and Croquet Club sebagai petenis Indonesia pertama yang menembus semifinal ganda campuran Wimbledon.

Kesuksesan itu juga mengulang keberhasilan Aldila/Middelkoop pada Grand Slam tanah liat sebulan sebelumnya dengan berhasil melaju hingga semifinal French Open.

Baca juga: Prestasi Aldila Sutjiadi di Wimbledon dapat menginspirasi petenis muda

Sementara itu di sektor putra Washington Open, petenis China Wu Yibing pingsan dan harus dibantu keluar lapangan. Dia terpaksa mundur dari pertandingan pembukanya melawan petenis Jepang Yosuke Watanuki.

Kejadian itu adalah insiden kesehatan kedua saat pertandingan dalam kurun waktu satu bulan bagi Wu. Dia terjatuh pada akhir set pertama dalam kekalahannya pada pertandingan pembuka Wimbledon dari petenis AS Frances Tiafoe.

Di lapangan keras Washington, seperti disiarkan AFP, Selasa, Wu memimpin 4-1 pada set pertama ketika dia duduk lunglai hingga jatuh dari kursi. Wu dibantu berdiri, kemudian dipapah berjalan keluar lapangan. Penyelenggara turnamen kemudian mengumumkan bahwa Wu mundur karena sakit.

Petenis berusia 23 tahun dari Hangzhou itu juga bermain pekan lalu di Atlanta, mengalahkan petenis Prancis Corentin Moutet pada pertandingan pembukanya sebelum akhirnya kalah dari sang juara Taylor Fritz pada babak kedua.

Peringkat 90 dunia Wu memenangi gelar ATP pertamanya pada Februari di Dallas, menjadi petenis China pertama yang merebut gelar ATP dan memiliki peringkat tertinggi dengan mencapai peringkat 54 dunia pada Mei.

Baca juga: Medvedev dan Kyrgios mundur dari Washington Open karena cedera
Baca juga: UNIQLO umumkan peluncuran acara Around The World with Roger Federer

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023