Bengkalis, Riau, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Provinsi Riau mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Datuk Laksamana Raja di Laut sebagai pahlawan nasional mengingat jasa besar dalam melawan penjajah demi mempertahankan marwah negeri ini.

"Mari kita dorong usulan Datuk Laksamana menjadi pahlawan nasional, mari bersama kita bersama-sama mulai dari masyarakat, umara, ahli waris dan tokoh adat kita meremukkan (menjadikan) untuk mengusulkan Datuk kita menjadi pahlawan nasional," kata Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso di Bengkalis, Selasa.

Dia mengatakan keberadaan Bengkalis tidak bisa dimungkiri dari salah satu sosok yang hingga saat ini tetap melegenda dan menjadi panutan.

Sebagai tokoh, kata dia, Datuk Laksamana Raja di Laut memiliki jiwa kepahlawanan karena penguasa laut yang terkenal pada zamannya.

Baca juga: Komisi VIII DPR apresiasi DDI usulkan AGH Ambo Dalle pahlawan nasional

Selain itu, katanya, sejarah telah mencatat bahwa keberanian dan semangat kepahlawanan Datuk Laksamana Raja di Laut menjadi sejarah dan dapat dijadikan sebagai motivasi serta keteladanan

"Bisa melalui semangat nasionalismenya, untuk terus berjuang menjaga kedaulatan negeri ini walaupun nyawa beliau sebagai taruhannya," katanya.

Camat Bukit Batu Acil Esyno mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis yang sudah mengagendakan kegiatan tahunan ini.

Pihaknya menyadari Datuk Laksamana sosok yang perlu diteladani dalam menjaga marwah, tanah, dan negeri ini dari penjajah Portugis.

"Kita berharap usulan nama Datuk ini dijadikan pahlawan nasional diberikan kemudahannya," ucap dia.

Ahli waris  Datuk Laksamana Raja di Laut, Encik Ali Akbar mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemkab Bengkalis karena telah memperhatikan pelestarian rumah sejarah, masjid peninggalan Datuk, serta empat makam di Bukit Batu.

"Kami berharap situs bersejarah ini menjadikan negeri Bengkalis situs sejarah yang diakui bangsa dan dunia," katanya.

Baca juga: Pimpinan MPR nilai Ratu Kalinyamat layak jadi pahlawan nasional
Baca juga: Ganjar dan TGBziarah ke Makam PahlawanZainuddin Abdul Majid

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023