Sebagai upaya pencegahan jajaran diminta dapat bergerak cepat dan tetap mengutamakan keselamatan saat melakukan evakuasi dan jangan sampai ada jatuh korban
Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memerintahkan jajaran membantu 923 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir akibat curah hujan tinggi mengguyur daerah itu beberapa hari terakhir.

"Jajaran diminta untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti mendirikan tenda dan dapur umum. Bantu masyarakat dengan segala kemampuan yang kita punya,” tegas Irjen Iqbal, dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: Dampak banjir meluas di Bengkalis

Menurut Iqbal, sebagai upaya pencegahan jajaran diminta dapat bergerak cepat dan tetap mengutamakan keselamatan saat melakukan evakuasi dan jangan sampai ada jatuh korban.

Selain itu, katanya, anggota polisi yang turun ke lapangan juga diminta mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi banjir pada curah hujan yang tinggi di lokasi rawan seperti masyarakat dekat sungai dan dekat tebing.

"Utamakan keselamatan diri jangan lupa berdoa, insyaallah niat Polda Riau adalah untuk membantu masyarakat yang kesulitan akibat banjir semoga Allah SWT mudahkan," kata Iqbal.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan banjir juga menggenangi tempat-tempat fasilitas umum seperti kantor desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dan personil kepolisian bersama pemangku kepentingan sudah turun ke lokasi lokasi banjir membantu masyarakat korban banjir dan memberikan sembako.

Berdasarkan data tercatat sebanyak 900 unit rumah warga berasal dari lima desa terdampak banjir di Kecamatan Bantan, yakni Desa Bantan Air terdampak 230 KK, Teluk Papal 186 KK, Desa Bantan Tengah 260 KK, Bantan Sari 136 KK, Ulu Pulau 111 KK.

Baca juga: 1.070 rumah warga Bengkalis kebanjiran

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Jumat (1/12) hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di Riau.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, mengatakan bahwa hujan sudah mengguyur Riau sejak Jumat (1/12) sejak sore dan sampai dini hari, dengan curah hujan tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

"Pagi sore potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau. Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru," katanya.

Sementara, dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, dan juga Kabupaten Bengkalis. Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hilir pada sore dan malam hari. Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan Udara 58 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Daya - Utara dengan kecepatan 10 - 20 km/jam," demikian Sanya. 

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023