Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop INFINITE telah memulai babak baru dalam karirnya melalui perilisan album mini ketujuh berjudul "13egin", yang menjadi karya musik pertama mereka dalam lima tahun.

Album "13egin" sekaligus yang pertama dirilis di bawah INFINITE Company, sebuah label rekaman yang didirikan pada bulan Januari oleh keenam personel yakni Sungkyu, Dongwoo, Woohyun, Sungyeol, L dan Sungjong, seperti disiarkan The Korea Times, Rabu.

CEO INFINITE Company Sungkyu mengungkapkan bahwa memproduksi album mini grup yang sangat ditunggu-tunggu bukanlah hal yang mudah, apalagi produksi itu merupakan yang pertama kalinya bagi dia dan tim sejak karier musik INFINITE 13 tahun lalu.

“Tidak mudah bagi kami untuk membuat keputusan tentang konsep dan koreografi kami. Kami mendengarkan hampir 100 lagu untuk memutuskan lagu mana yang akan ditampilkan di album mini kami," kata Sungkyu.

Judul album "13egin" menandai peringatan 13 tahun debut INFINITE, dengan "13" menggantikan huruf "B". Mereka menjadikan "New Emotions" sebagai lagu utama album, yang menonjolkan kemampuan vokal para personel.

"Kami semua memiliki suara yang berbeda, tetapi, ketika kami menggabungkannya untuk lagu ini, tercipta harmoni yang unik," kata Sungjong menjelaskan.

Ketika pertama kali mendengar "New Emotions", Sungjong merasa lagu itu sangat berbeda dari rilisan INFINITE sebelumnya. Dia mengaku terpesona dengan melodi lagu yang menurut dia catchy, menarik didengar.

"Aku berpikir akan sangat bagus jika kami bisa menambahkan warna kami sendiri ke dalamnya," kata Sungjong.

Sungkyu berpendapat "New Emotions" tidak menangkap gaya musik INFINITE yang dikenal kebanyakan orang. Namun, dia dan tim yakin harus menampilkan sesuatu yang baru.
 

Woohyun menambahkan lagu seperti "Time Difference" akan mengingatkan orang pada lagu-lagu lama INFINITE dalam hal lirik dan suara.

INFINITE yang dikenal melalui berbagai lagu populernya seperti "Be Mine" (2011) dan "The Chaser" (2012), akan mengadakan serangkaian konser di Seoul, Korea Selatan pada 19 dan 20 Agustus di KSPO Dome di Olympic Park, serta Yokohama, Jepang. Mereka berencana untuk tampil secara aktif sebagai grup setelah perilisan "13egin".

“Jika jadwal mengizinkan, kami mungkin meluncurkan album sekali atau dua kali setahun. Kami akan bekerja keras sehingga kami dapat bertemu penggemar kami secara teratur," demikian kata Sungkyu.

Baca juga: INFINITE umumkan gelar tur Asia mulai Agustus

Baca juga: THE BOYZ konfirmasi akan "comeback" pada Agustus

Baca juga: Jung Kook BTS rilis single debut solo resmi bertajuk "Seven"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023