Pada pukul 07.09 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar ekspor merosot 0,8 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu, karena sentimen risiko global terpukul setelah lembaga pemeringkat Fitch memangkas peringkat kredit Amerika Serikat, sementara saham BAE Systems melonjak setelah perusahaan pertahanan itu menaikkan pedoman setahun penuh.

Pada pukul 07.09 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar ekspor merosot 0,8 persen, menyentuh level terendah dua minggu, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri kehilangan 0,6 persen.

Fitch pada Selasa (1/8/2023) menurunkan peringkat kredit AS menjadi AA+ dari AAA, mengutip penurunan fiskal selama tiga tahun ke depan dan berulang kali melakukan negosiasi plafon utang yang mengancam kemampuan pemerintah untuk membayar tagihannya.

BAE Systems bertambah 4,7 persen setelah perusahaan industri pertahanan terbesar Inggris itu meningkatkan panduannya untuk 2023, memperkirakan laba per saham tahunan akan tumbuh 10-12 persen.

Saham Smurfit Kappa yang tercatat di London tergelincir 3,0 persen, setelah produsen kemasan kertas terbesar Eropa itu melaporkan penurunan laba inti semester pertama menjadi 1,1 miliar euro (1,21 miliar dolar AS).

ConvaTec Group melonjak 4,0 persen setelah perusahaan teknologi itu menaikkan pedoman setahun penuh.

Baca juga: Saham Asia jatuh setelah Fitch turunkan peringkat AS
Baca juga: IHSG diprediksi variatif seiring melandainya inflasi dalam negeri
Baca juga: Saham China dibuka merosot, indeks Shanghai tergerus 0,28 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023