Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor empat dunia Jessica Pegula melaju ke perempat final kedelapannya musim ini setelah mengalahkan Peyton Stearns 6-3, 6-4 di Mubadala Citi DC Open, Washington, Kamis waktu setempat.

Pegula yang menjuarai ajang WTA dan ATP 500 itu pada 2019 kemudian harus menghadapi mantan petenis nomor tiga dunia Elina Svitolina.

Bermain sebagai unggulan teratas di Washington D.C. untuk tahun kedua berturut-turut, Pegula berusaha meraih gelar juara pertamanya musim ini dan ketiga dalam kariernya.

"Saya memenangi gelar pertama saya di sini dengan pelatih saya di pekan pertama kami bersama dan sejak itu kami bangkit dan ini merupakan perjalanan yang luar biasa," kata Pegula, seperti disiarkan laman resmi WTA, Jumat.

"Itu adalah titik balik yang sangat besar bagi saya."

Dua gelar karier Pegula sama-sama diraih di lapangan keras Amerika Utara. Selain memenangi gelar pertamanya di Washington empat tahun lalu, Pegula merebut trofi terbesar dalam kariernya musim gugur lalu di WTA 1000 di Guadalajara.

Sementara itu, Stearns mendapatkan slot undian utamanya dengan mengambil tempat Sofia Kenin dalam undian. Petenis berusia 21 tahun itu naik peringkat selama delapan bulan terakhir.

Pada waktu yang sama tahun lalu, Stearns baru saja memulai karier profesionalnya setelah memimpin Universitas Texas di kejuaraan tim NCAA kedua berturut-turut dan menjadi petenis pertama dalam sejarah program tersebut yang merebut gelar NCAA Singles.

Hanya dalam penampilan undian utama kesembilan dalam kariernya di WTA Tour, Stearns masuk ke turnamen dengan peringkat 59. Dia mengalahkan Magdalena Prancis dari Polandia di babak pertama.

Baca juga: Gauff amankan tempat di perempat final Washington Open

Pada pertemuan pertamanya melawan Pegula, Stearns berjuang keras untuk menembus konsistensi baseline petenis Amerika peringkat teratas itu.

Memainkan turnamen pertamanya sejak membukukan hasil terbaiknya di Wimbledon bulan lalu, Pegula menunjukkan sedikit tanda kelelahan namun dia terus berupaya mengalahkan Stearns dalam satu jam 23 menit.

Pegula mematahkan servis Stearns enam kali dan memukul 12 winner dengan 19 unforced error, sementara Stearns mencetak sembilan winner dengan 29 unforced error.

Pegula berupaya untuk mencapai semifinal kelimanya musim ini berbekal keunggulan head-to-head 2-1 di perempat final melawan Svitolina.

Petenis Ukraina itu tengah mengalami kebangkitan yang luar biasa, setelah mencapai perempat final Roland Garros dan mengalahkan petenis nomor satu Iga Swiatek dalam perjalanan ke semifinal Wimbledon.

Svitolina melaju ke perempat final DC Open dengan dua kemenangan meyakinkan atas mantan petenis nomor satu Victoria Azarenka dan petenis peringkat 11 dunia Daria Kasatkina.

"Dia kompetitor yang luar biasa, jelas pemain yang luar biasa. Apa yang dia lakukan setelah kembali dari melahirkan dan semua yang dialami negaranya, sungguh menakjubkan," ujar Pegula.

"Saya merasa dia kembali dengan perspektif baru, pandangan baru, dan itu terlihat di lapangan. Dia berkompetisi dengan sangat, sangat keras dan sepertinya tidak pernah berhenti. Ini akan menjadi sangat sulit."

Baca juga: Murray kalahkan Nakajima pada pertandingan pembukanya di Washington
Baca juga: Svitolina tekuk Kasatkina untuk capai perempat final WTA Washington

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023