Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengajak seluruh jajaran serta pemerintah daerah agar memanfaatkan lahan tidur dan mengelolanya serta menjadikannya sebagai kawasan lumbung pangan atau food estate.

"TNI Angkatan Darat dalam hal ini Kodam XIV/Hasanuddin mendukung penuh pemerintah daerah dalam pengendalian Inflasi, apalagi ini adalah program nasional," ujarnya saat rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pengendalian inflasi di Makassar, Jumat.

Mayjen TNI Totok Imam Santoso dalam rakor yang dilaksanakan TPID Sulsel bersama Forkopimda Sulsel menyarankan agar lahan tidur dikelola dengan baik dan menjadikannya sebagai kawasan lumbung pangan.

Dalam rakor itu juga disebutkan jika tingkat inflasi Sulsel masih relatif tinggi dan bahkan masih di atas nasional, apalagi di semester pertama 2023 ini sudah di atas tiga persen.

Pada paparannya, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok mengutarakan bahwa kondisi Inflasi Provinsi Sulsel yang saat ini telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan bahkan dinilai bagus oleh pemerintahan pusat, maka pihaknya mengajak untuk dipertahankan.

“TNI dan Polri mendukung untuk membantu pemerintah daerah, Inflasi kita mulai bagus artinya tinggal kita eksekusi lagi, sering rapat belum tentu bagus, tetapi kalau saya lebih melihat bagaimana eksekusi di lapangan, teman-teman yang dari Pemprov ini bisa diajak-ajak untuk mengecek kondisi di lapangan," katanya.

“Komitmen kita harus jujur, untuk kebaikan dalam melaksanakan perintah pimpinan dan perintah Pemprov, saya yakin kita bisa, asalkan semua mau dan saya yakin teman-teman kita pasti mendukung asal jelas semua programnya, kita siap," tambahnya.

Baca juga: Presiden puji hasil panen jagung Keerom tapi evaluasi pengelolaan air

Melihat dari hasil program yang telah dicanangkan oleh Pangdam, salah satunya yakni pemanfaatan lahan tidur yang digunakan sebagai lahan pertanian sebagai strategi dalam pengendalian Inflasi daerah.

Jenderal bintang dua ini pun menyarankan untuk melaksanakan hal yang serupa dan dijalankan oleh semua pemerintah daerah dengan pelibatan masyarakat.

“Kalau bisa buat food estate, kemarin di Sultra saya buat food estate, di dalamnya dibuat perkebunan dan peternakan, dengan harga standar, pekerjanya nanti bantuan dari kita, serta masyarakat sekitar yang tidak punya pekerjaan, kita akan gaji dan nantinya dijual pada masyarakat dengan harga terjangkau," terangnya.

Mayjen Totok menuturkan bahwa terkait penanganan Inflasi ini, sudah merupakan kewajiban bagi TNI untuk melaksanakannya.

Menurutnya hal tersebut telah menjadi bagian dari perintah harian Kasad, yaitu meningkatkan sinergitas dengan komponen bangsa dalam menyukseskan program-program pemerintah.

Baca juga: Ketua KPPIP sebut pemerintah tengah siapkan perpres untuk food state
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023