Jakarta (ANTARA) - Tim ekspedisi dari lembaga kemanusiaan Golden Future (GF) Indonesia mendistribusikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat pelosok di Pulau Bawean, berupa paket obat-obatan, cek kesehatan, hingga seragam sekolah menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78.

"Bantuan dan ekspedisi kemanusiaan ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, merawat generasi bangsa, dan bersinergi menebar manfaat untuk mewujudkan Indonesia Maju," kata Direktur Program GF Aryo Nur Firdaus dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ekspedisi kemanusiaan di pulau yang terletak di antara Laut Kalimantan dan Jawa itu menghadirkan beberapa program di antaranya edukasi kesehatan, medical check-up, bantuan paket ibadah, pemberian paket sekolah berupa sepatu dan seragam serta paket gizi dan pangan untuk anak-anak dan lansia.

Ia mengatakan ekspedisi kali ini mengusung spirit semangat kemerdekaan dan nasionalisme “Ekspedisi Jelajah Nusantara”.

“Ekspedisi ini tidak hanya dilaksanakan di Pulau Bawean saja, tapi kami juga terus memberikan bantuan kemanusiaan untuk wilayah daerah pelosok lainnya dan juga beberapa negara yang mengalami krisis kemanusiaan sebagai wujud cinta terhadap Tanah Air kita," ujarnya.

Ekspedisi dan bantuan sosial tersebut diberangkatkan dari Bandung, Jawa Barat, berkolaborasi bersama beberapa lembaga kemanusiaan, salah satunya Muda Jelajah Nusantara sebagai wadah bagi pemuda yang berasal dari berbagi wilayah Indonesia dengan berbagai keahlian dari bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

Aryo menambahkan, Golden Future Indonesia mengajak segenap masyarakat untuk memberikan solidaritas kepedulian terbaik melalui aksi-aksi nyata untuk wilayah di pelosok negeri.

“Harapannya di kemudian hari semoga segala aksi dan solidaritas kami memberikan harapan-harapan baru serta semangat bagi para generasi bangsa Indonesia khususnya pelosok negeri, mari kita jadikan momentum kemerdekaan sebagai momen perjuangan dengan aksi melalui program terbaik dan kepedulian lebih untuk bangsa ini,” katanya.

Head of Markom Golden Future Indonesia Faruq Naufal Abdullah mengatakan koalisi kemanusiaan, kolaborasi dan kepedulian bersama seluruh elemen organisasi dan lembaga menjadi kunci dalam ekspedisi kali ini.

"Harapan kami kebersamaan ini menjadi kunci untuk menyelesaikan problematika bangsa, membantu menyehatkan, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta melestarikan alam khususnya di daerah-daerah pelosok," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak kades di Pulau Bawean kembangkan potensi alam

Baca juga: BKSDA minta warga Pulau Bawean mulai peduli dengan Penyu

Baca juga: UI dorong kolaborasi semua pihak tingkatkan kesejahteraan masyarakat



 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023