Jakarta (ANTARA) - Bintang AS Coco Gauff merebut gelar WTA keempat dalam kariernya dengan menjuarai Mubadala Citi DC Open di Washington, Minggu (6/8) waktu setempat, setelah mengalahkan petenis Yunani Maria Sakkari 6-2, 6-3. 

Petenis 19 tahun yang menjadi finalis remaja putri pertama di ajang lapangan keras Washington itu menambah koleksi trofi yang dimilikinya setelah pada 2019 di Linz, 2021 di Parma, dan Januari di Auckland.

Kesuksesan tersebut datang setelah ia tersingkir di babak pertama Wimbledon bulan lalu.

"Sangat sulit beberapa minggu lalu. Kami semua merasakannya dan saya senang bisa bangkit kembali," kata Gauff, seperti disiarkan AFP, Senin.

Peringkat tujuh dunia Gauff, runner-up French Open tahun lalu, kalah empat dari lima pertemuannya melawan Sakkari.

"Cukup mengecewakan, tapi sebulan lalu kami tidak berpikir saya akan berada di sini," ujar peringkat kesembilan dunia Sakkari.

Gauff yang tidak kehilangan satu set pun sepanjang pekan, memenangi set pertama dalam waktu 42 menit, tetapi Sakkari mematahkan servisnya untuk memulai set kedua.

Baca juga: Unggulan teratas Pegula dan Fritz tersingkir di semifinal Washington

Mereka bertukar service break pada gim keempat dan kelima, tetapi Sakkari melakukan kesalahan ganda saat break lagi yang membuat Gauff menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Gauff bertahan, melakukan break pada gim kedelapan saat Sakkari melakukan pukulan forehand melewati baseline dan bertahan untuk melengkapi kemenangan setelah 84 menit dengan pukulan backhand winner.

Sakkari yang berusia 28 tahun memenangi satu-satunya gelar WTA di Morocco Open 2019.

Sementara itu, unggulan kesembilan asal Inggris Daniel Evans dan unggulan ke-12 asal Belanda Tallon Griekspoor akan bertemu untuk memperebutkan gelar di sektor putra pada turnamen gabungan ATP-WTA di Washington tersebut -- sebuah ajang pemanasan US Open.

Evans yang gelar ATP satu-satunya diraih pada ajang outdoor Melbourne 2021 merupakan finalis Inggris pertama di Washington sejak Andy Murray pada 2006 dan berharap menjadi juara Inggris pertama sejak Tim Henman pada 2003.

Sedangkan Griekspoor mencari gelar ketiganya setelah kemenangan di Pune pada Januari dan 's-Hertogenbosch pada Juni.

Baca juga: Fritz singkirkan Murray untuk melaju ke perempat final Washington
Baca juga: Pegula atasi tekanan dari Svitolina untuk bertahan di Washington

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023