Jakarta (ANTARA) - Organization Islamic Cooperation (OIC) atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengapresiasi atas sukses Indonesia menyelenggarakan Organization Islamic Cooperation-Cultural Activity (OIC-CA) 2023 yang digelar di Jakarta dan Kalimantan Timur, 7-14 Juli lalu.

Secretary General of the Organization Islamic Cooperation (OIC) atau Sekjen OIC H.E. Hissein Brahim Taha melakukan kunjungan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa.

"Kunjungan beliau (OIC) ke Kemenpora ini untuk memberikan apresiasi karena Indonesia dinilai telah sukses atas penyelenggaraan dari OIC-CA. Yang diikuti 57 negara peserta yang mayoritas penduduknya Muslim dan Kemenpora menjadi lead hostnya," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dilansir dari keterangan resmi, Selasa.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan kunjungan OIC juga menjadi pemicu semangat anak muda Indonesia untuk membuka dan mengembangkan diplomasi di kancah dunia.

"Yang pasti kunjungan OIC ini menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan untuk kami di internal Kemenpora dan membuat kami serta pemuda bangsa semangat ke depan untuk membuka diplomasi pemuda yang lebih luas lagi di kancah internasional," kata Menpora Dito. Menpora Dito mengatakan Kemenpora ke depannya akan membuka kolaborasi kerja sama dengan negara-negara anggota OIC lainnya khususnya di bidang kepemudaan.

"Jadi kunjungan beliau ini untuk mengapresiasi dan juga kita memantapkan komitmen Kemenpora untuk turut serta mendukung dan berkolaborasi ke depan khususnya terkait program-program kerjasama pemuda yang nantinya akan bersama 57 negara Islam OIC lainnya," jelasnya.

Sementara itu Sekjen OIC H.E Hissein Brahim Taha mengatakan pemuda dan olahraga menjadi sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan kedamaian dan keselarasan di antara manusia di dunia.

"Saya rasa dunia tidak dapat melakukan dengan baik dan saya rasa anak muda dan olahraga seharusnya menjadi sarana efektif mempromosikan kedamaian, keselarasan diantara satu dengan yang lain. Melalui OIC-CA beberapa waktu lalu memberi pesan baik bahwa Indonesia berperan dan berkontribusi besar dalam dunia Islam melalui Kemenpora yang dipimpin oleh menteri muda," kata Sekjen OIC Hissein Taha.

Baca juga: Menpora: OIC-CA 2023 ajang diplomasi kepemudaan dan keolahragaan
Baca juga: Kaltim tuan rumah Kegiatan Budaya Organisasi Kerja sama Islam 2023



 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023