Idealnya jumlah trafik penerbangan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar adalah 30 pergerakan pesawat...
Banda Aceh (ANTARA) -
Otoritas pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan memberikan insentif berupa diskon biaya pendaratan kepada maskapai penerbangan yang menambah frekuensi penerbangan di bandara tersebut.
 
“Salah satu upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan trafik penerbangan yang berangkat dan datang dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda ke berbagai tujuan lainnya adalah dengan pemberian insentif biaya pendaratan,” kata Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Darmadi di Blang Bintang Aceh Besar, Selasa.
 
Ia menyebutkan saat ini trafik penerbangan di Bandara Internasional Blang Bintang Aceh Besar berkisar 18 sampai 24 pergerakan penerbangan yang melayani tujuan domestik dan mancanegara.
 
Adapun untuk maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Air Asia, Firefly dan Susi Air.
 
“Idealnya jumlah trafik penerbangan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar adalah 30 pergerakan pesawat dan untuk mencapai itu salah satunya pemberian insentif bagi maskapai yang membuka rute baru dan mengaktifkan kembali rute sebelumnya,” katanya.
 
Menurut dia dengan adanya penambahan frekuensi penerbangan juga akan berdampak positif terhadap kunjungan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu terutama untuk sektor pariwisata dan UMKM.
 
Ia mengatakan pihaknya juga terus meningkatkan fasilitas di bandara tersebut dalam upaya memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa transportasi udara di provinsi berpenduduk lima juta jiwa itu.
 
Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.
 
Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Bandara SIM memastikan aspek keselamatan hadapi Idul Adha
Baca juga: Anggota DPD RI minta pusat tak hapus status internasional Bandara SIM

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023